KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Risda Hutagalung - 11. July 2019 - 133 klik

Sekretaris BLI: Keberhasilan Litbang Harus Didukung SDM Berkualitas

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Juli 2019)_Dalam rangka optimasi peran ASN, Senin (8/7/2019) Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Sylvana Ratina melaksanakan kegiatan pembinaan pegawai di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli. 

“Seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli harus meningkatkan kinerja dan kapasitasnya. Hal ini penting karena kegiatan litbang yang bagus harus didukung dengan SDM yang kompak dan berkualitas, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal, bisa diterapkan, dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” himbau Sylvana. 

Sylvana juga menyampaikan bahwa dia selalu mempromosikan produk hasil litbang BP2LHK Aek Nauli dalam setiap kesempatan. Bahkan pada saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Sylvana mempromosikan produk litbang seperti Parfum Kemenyan. 

“Contoh parfum yang saya berikan mendapat apresiasi dari anggota Komisi IV. Mereka tertarik sekali, sehingga meminta sampel parfum 50 botol untuk dibagikan. Mereka akan mengupayakan mencari investor untuk pembuatan parfum kemenyan tersebut,” kata Sylvana. 

Lebih lanjut Sylvana menyampaikan bahwa kegiatan Media Visit yang dilaksanakan awal Mei lalu, telah membuat BP2LHK Aek Nauli semakin dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan laporan pelaksanaan media visit tersebut membuat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, menyempatkan diri mengunjungi Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) sebelum menghadiri kegiatan Pencanangan Pengembangan Tanaman Macadamia di Persemaian Permanen BPDASHL Asahan Barumun di Huta Ginjang. 

"Ini suatu capaian yang luar biasa, ayo kita tingkatkan lagi dengan bekerja penuh  semangat kebersamaan dan kekompakan. Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi,” kata Sylvana. 

Dalam kesempatan yang sama, Kapuslitbang Hasil Hutan, Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Si  yang mendampingi Sekretaris BLI juga menyampaikan bahwa peran ASN sangat penting untuk kemajuan diri dan institusi. Dalam paparannya, Dwi menyampaikan bahwa ada beberapa faktor kunci optimasi peran SDM yaitu, akhlak, kompetensi, dan keterbukaan. 

"Sifat yang harus melekat pada setiap pribadi yaitu sidiq (berkata benar, jujur), amanah, tabligh (menyampaikan), dan fatonah (cerdas)," papar Dwi. 

Dwi mengajak seluruh pegawai untuk menjadi pribadi yang baik. Dwi juga mengajak pegawai untuk meneladani kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, yaitu Ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan, pemimpin harus menjadi contoh bagi bawahan), Ing madya mangun karsa (di tengah membangun niat, pemimpin harus berjuang bersama bawahan), serta Tut wuri handayani (dari belakang memberikan dorongan, memberikan kesempatan bawahan untuk mandiri dan berkreasi). 

Dwi juga mengapresiasi keberhasilan BP2LHK Aek Nauli dalam meraih target kinerjanya, yaitu BP2LHK Aek Nauli bisa menjadi instansi binaan PUI. Selain itu, produk litbang unggulannya terpilih tampil dalam Indonesia Innovation Day (IID) 2019 di Jerman, sedang mengembangkan wisata ilmiah, dan mendapatkan kegiatan PRINAS (prioritas nasional). 

"Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerjasama tim dan perjuangan bersama yang telah dilakukan seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli,” kata Dwi. 

“Saya harap agar seluruh pegawai bisa mengembangkan potensi dan kualitas diri, menguatkan komitmen, komunikasi, sinergi, dan kerjasama, serta meningkatkan capaian kinerja yang telah diperoleh agar bendera BLI terus berkibar,” tambah Dwi. 

Menutup acara, Sylvana menyampaikan bahwa kunci suatu keberhasilan adalah kita harus mampu memberi dahulu, baru meminta imbalan (hak) kemudian. 

“Intinya bukan take and give tapi give and take, berbuatlah yang terbaik dulu untuk kemajuan balai, nanti hasil yang luar biasa akan bisa kita dapatkan,” pungkas Sylvana.***NNN