KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Risda Hutagalung - 10. July 2019 - 88 klik

DPRD Kotabaru Konsultasi Rehabilitasi Lahan, BP2TPTH Beri Dukungan Iptek

BP2TPTH (Bogor, Juli 2019)­_Dalam rangka konsultasi mencari solusi terkait rehabilitasi lahan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotabaru Kalimantan Selatan berkunjung ke Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH), Bogor, Jumat (21/6/2019). Rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Kotabaru Hj. Alfisah, S.Sos, M.AP ini diterima oleh Kepala Balai BP2TPTH, Drs. Jonny Holbert Panjaitan, M.Sc.

Kepada Kepala BP2TPTH dan para peneliti, Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Drs. H. Mukhri AF menyampaikan permasalahan yang saat ini dihadapi Kotabaru, yaitu degradasi lahan akibat tekanan berbagai aktivitas manusia.

“Kondisi tanah di Kotabaru memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Karena itu, kami memerlukan masukan dan informasi jenis-jenis tanaman yang cocok untuk dikembangkan sebagai tanaman hutan, dan membangun sumber benih skala komersial,” kata Mukhri.

Selain untuk memperbaiki kondisi lingkungan, Mukhri menyampaikan bahwa DPRD ingin mengupayakan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan agrobisnis dan pariwisata.

Menanggapi hal tersebut, para peneliti menyampaikan berbagai capaian BP2TPTH terkait penanganan benih tanaman hutan untuk mendukung rehabilitasi lahan. Jenis-jenis yang telah diteliti diantaranya jati, jabon, sengon, gempol, mahoni, kaliandra. Hasilnya, terkait sengon, beberapa klon yang diteliti diketahui memiliki kemampuan tahan terhadap serangan karat puru.

“Dengan Iptek yang dihasilkan, kami BP2TPTH siap mendukung kegiatan rehabilitasi lahan di Kotabaru,” kata Kepala BP2TPTH kepada rombongan DPRD Kotabaru tersebut di akhir diskusi.

Di akhir pertemuan, Kepala Balai memberikan beberapa buku hasil penelitian BP2TPTH agar dapat menambah pengetahuan dan informasi. Atas sambutan dan respon yang baik, rombongan DPRD Kotabaru yang juga diikuti Wakil Ketua DPRD Muhammad Arif, SH, M.Hum serta staf Sekretariat DPRD, Nur Rabiatul A., S.Pd, Didi Asriadi dan Faulina Afriati mengucapkan terima kasih.***DNC