Dientry oleh Risda Hutagalung - 05 July, 2019 - 201 klik
Kampore Pathfinder di Aek Nauli

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Juni 2019)_Untuk menjalankan misinya, Pathfinder Daerah Sumatera Kawasan Utara (DSKU) dan Daerah Sumatera Kawasan Tengah (DSKT) melaksanakan Kampore (perkemahan kepanduan) di Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli selama enam hari, mulai tanggal 2 hingga 7 Juli 2019 nanti. 

Bukan Pramuka, tapi punya kemiripan seragam dan karya dengan Pramuka. Itulah Pathfinder, organisasi kepemudaan di bawah binaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK). Sebagai organisasi kepemudaan yang sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia, misi Pathfinder pun sama dengan Pramuka, yaitu berupaya memberikan pendidikan karakter dan budi pekerti kepada kaum muda. 

Mengangkat tema 'Divergent' atau “Menjadi Berbeda”, kegiatan kampore kali ini diikuti sebanyak 600 orang anggota Pathfinder GMAHK yang berasal dari berbagai cabang di DSKU dan DSKT. 

Kampore Pathfinder ini dibuka secara resmi oleh Pdt. B. Sitanggang yang menjabat sebagai Ketua DSKU, Selasa (2/7/2019). Pada pembukaan kegiatan tiga tahunan ini, dilaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih, bendera Pathfinder, dan bendera tema kampore. 

Dalam sambutannya Pdt. Sitanggang berharap kepada seluruh anggota Pathfinder yang hadir agar dapat tampil beda dalam sikap dan perilaku. "Sebagai seorang Pathfinder kita harus memiliki integritas, kebaikan, disiplin, dan kejujuran," kata Pdt. Sitanggang. 

Menyambut baik kegiatan tersebut, dalam kesempatan yang sama, Yessy Arina, SE, Kasubbag. Tata Usaha BP2LHK Aek Nauli menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh anggota Pathfinder yang telah memilih BP2LHK Aek Nauli sebagai lokasi Kampore. 

Yessy juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan, BP2LHK Aek Nauli sedang berusaha meningkatkan dan menambah fasilitas yang ada di area Camping Ground, seperti toilet dan ketersediaan air bersih. Walau mungkin masih banyak keterbatasan, Yessy berharap pelaksanaan kampore tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

“Selamat datang dan selamat berkampore. Harapan saya acara ini dapat berlangsung dengan lancar. Selain itu mari kita wujudkan semangat kepemudaan yang berbudi dengan selalu menjaga ketertiban, kebersihan dan juga kedisiplinan," ujar Yessy. 

Sebagai tanda Kampore Pathfinder DSKU dan DSKT Tahun 2019 resmi dibuka, dilaksanakan pelepasan balon oleh Pdt. Sitanggang bersama dengan tamu undangan yang hadir, seperti Camat Girsang Sipanganbolon, Pangulu Sibaganding, Kapolsek Parapat, serta undangan lainnya. 

Salah seorang peserta, Juan Manullang, siswa kelas XII SMK SW Karya Utama Tanjung Balai, menyampaikan rasa antususiasnya mengikuti kampore ini. 

“Saya sangat senang ikut acara ini, ini pertama kalinya saya berkemah. Saya bisa banyak ketemu teman-teman baru dari daerah lain. Acaranya juga asyik, banyak game nya. Selain itu pemandangan di Aek Nauli bagus dan cuacanya juga sejuk,” ungkap Juan.  

Selama enam hari, kampore ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya materi dari pos ke pos, pathfinderline, penjelajahan, kerohanian, pelayanan masyarakat, pelantikan, seminar, atraksi kepanduan, dan games.***NNN