KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Risda Hutagalung - 05. July 2019 - 220 klik

Sekbadan Litbang Dorong Optimalkan Penelitian di Orangutan Research Center

Balitek KSDA (Samboja, Juli 2019)_Dalam kunjungan kerjanya ke Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA), Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi KLHK, Dr. Sylvana Ratina mendorong para peneliti orangutan Balitek KSDA untuk fokus pada penelitian orangutan yang ada di Orangutan Research Center (ORC).

"Saya berharap, penelitian tentang orangutan khususnya di Orangutan Research Center dapat kita maksimalkan sehingga dapat dilahirkan IPTEK dari hasil penelitian tersebut," kata Sekbadan saat berdiskusi bersama dengan peneliti Balitek KSDA di Ruang Rapat, Kamis (27/6/2019) lalu. 

Terkait itu, drh. Andini Nurillah yang didampingi Ketua Yayasan Jejak Pulang, Hery Estaman melaporkan perkembangan kondisi delapan individu orangutan yang saat ini berada di Orangutan Research Center (ORC) kepada Sekbadan. 

"Sebagian besar bayi orangutan telah mengalami perkembangan dengan baik. Eska dan Cantik saat ini ada pada kelas sekolah hutan dengan target pembelajaran orangutan banyak bergerak di atas kanopi pohon, menjelajah mencari pakan dan mampu membuat sarang. Sedangkan pada kelas taman kanak-kanak yaitu Gonda, Tegar, Kartini dan Gerhana dengan target pembelajaran melatih lengan dan kaki orangutan agar terbiasa bergerak di pohon, dan berpindah pohon, pengenalan pakan orangutan, dan pengenalan sarang," kata Dini menerangkan. 

Selanjutnya, Hery Estaman menyampaikan progres pembangunan dan perbaikan beberapa infrastruktur pendukung kegiatan Sekolah Hutan Orangutan Research Center yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tahun 2018 - 2019. 

“Beberapa fasilitas yang telah dibangun oleh Jejak Pulang diantaranya pos jaga, rumah kompos, kandang orangutan, Porta Camp, dan jembatan penghubung kandang ke area sekolah hutan menyeberangi Sungai Saka Kanan,” kata Hery. 

Selain ORC, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai perkembangan penelitian unggulan Balitek KSDA yang telah dilakukan dan rencana ke depannya, termasuk arah pengembangan KHDTK Samboja sebagai lokasi wisata ilmiah. 

Setelah berdiskusi, Sekbadan menyempatkan diri meninjau Porta Camp ORC yang berada di Km 6 Sekolah Hutan yang berada di KHDTK Hutan Penelitian Samboja. Porta Camp ini digunakan sebagai tempat tinggal bagi bayi orangutan dan fasilitas klinik di lapangan.***