KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Risda Hutagalung - 14. May 2019 - 295 klik

Dosen Fahutan Unmul Apresiasi Materi PKL Mahasiswa yang Ada di Balitek KSDA

Balitek KSDA (Samboja, Mei 2019)_Turut hadir pada presentasi hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) lima orang mahasiswanya, Kamis (9/5/2019) Dosen pembimbing PKL Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (Fahutan Unmul), Kiswanto, Ph.D mengapresiasi materi kegiatan PKL yang ada di Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam (Balitek KSDA).

“Penyampaian materi dari kawan-kawan mahasiswa tadi di luar dugaan saya, karena ternyata di sini (Balitek KSDA) mereka mendapatkan materi yang sangat beragam, langsung dari para peneliti dan teknisi. Mereka terlibat langsung, dan yang penting mereka juga bisa belajar tentang berbagai metode penelitian,” kata Kiswanto.

Kiswanto juga menyampaikan apresiasi dan harapan ke depan untuk terus melanjutkan kerjasama kegiatan PKL dengan Balitek KSDA.

“Fahutan sebagai lembaga akademik sangat perlu mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, salah satunya Balitek KSDA. Mewakili Dekan Fahutan Unmul, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kesediaan Balitek KSDA menerima mahasiswa kami. Ke depan kami akan mengirimkan kembali mahasiswa untuk PKL di sini,” kata Kiswanto.

Sebagai informasi, presentasi hasil kegiatan PKL yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kelti Balitek KSDA ini merupakan kegiatan penutup dari serangkaian kegiatan PKL yang telah mereka jalani selama dua bulan ini.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa secara bergantian menyampaikan sembilan materi PKL yang telah dilaksanakan mulai dari proses kegiatan, waktu pelaksanaan, hasil kegiatan serta pembahasan. Kesembilan materi tersebut antara lain: pembuatan spesimen herbarium, pengukuran riap tanaman konservasi eksitu ulin, pengenalan Orangutan Research Center, pengamatan satwa liar owa kelawat, persemaian, penelitian budidaya tumbuhan berkhasiat obat, penelitian lahan pasca tambang batubara, pengamatan fenologi, dan pengolahan limbah rumah tangga.

Menyambut baik apa yang disampaikan oleh Kiswanto, Kepala Balitek KSDA, Dr. Ishak Yassir mengatakan bahwa Balitek KSDA selalu terbuka dan berkomitmen untuk mendukung kegiatan kemahasiswaan, baik untuk kegiatan praktik lapangan maupun penelitian.

“Sudah menjadi tugas dan fungsi Balitek KSDA, selain untuk melaksanakan tugas pokoknya melakukan kegiatan penelitian di bidang konservasi sumber daya alam, juga menyiapkan tempat untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda, baik di bidang penelitian maupun konservasi sumber daya alam,” kata Ishak.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dengan para peneliti, teknisi, serta staf Balitek KSDA. Para peserta yang hadir memberikan pertanyaan, saran serta masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan laporan kegiatan PKL tersebut. Acara presentasi diakhiri dengan pemutaran video Balitek KSDA karya mahasiswa PKL serta sesi foto bersama di halaman kantor.***