KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Master Administrator - 14. March 2019 - 375 klik

Menteri Siti Kunjungi Bank Sampah di Kampus BLI

BLI (Bogor, Maret 2019)_Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, mengunjungi Bank Sampah Unit (BSU) Cendana yang berlokasi di Kampus Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Bogor, (13/3).  Kunjungan ini dilakukan sesaat setelah memimpin Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-36 yang diselenggarakan di kampus tersebut.

“Bagus, bagus,” kata Menteri Siti, setelah melihat langsung kegiatan dan mendapat penjelasan mengenai bank sampah yang dimiliki dan dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) BLI. Menteri Siti berharap keberadaan bank sampah ini mampu membantu menangani pengelolaan sampah di Indonesia.

Direktur BSU Cendana, Ny. Neni Astana, saat menyambut kunjungan Menteri Siti dengan antusias menceritakan bahwa bank sampah yang mereka kelola dalam kurun waktu 10 bulan telah memiliki 150 nasabah dan 5 sub unit bank sampah. “Kami menjemput bola ke masyarakat, ke perumahan-perumahan yang tidak kami kenal pun kami ajak, kami sosialisasi sehingga mereka mau menjadi nasabah,”jelasnya.

Baca juga: Bank Sampah Cendana: How Clean Can You Go?

Lebih lanjut Ny. Neni menyampaikan bahwa jumlah sampah yang disetor hari ini mencapai 300kg. Dalam 10 bulan, total sampah yang berhasil dikumpulkan BSU Cendana mencapai 9 ton. Setoran sampah yang sudah dipilah, ditimbang dan dicatat ke dalam buku tabungan, selanjutnya dijemput oleh Bank Sampah Induk Berbasis Aparatur (BASIBA) Kota Bogor. Sebagian sampah oleh BASIBA dijual ke pengepul dan sebagian lagi diolah.

Ketua DWP BLI, Ny. Nelly Agus Justianto, menambahkan bahwa model BSU Cendana seperti bank pada umumnya, yaitu memiliki kantor cabang pembantu, yang dikenal dengan nama Bank Sampah Sub Unit (BSSU).

Keberadaan sub-sub unit ini pada prinsipnya adalah jaringan yang memudahkan nasabah untuk menyetorkan sampahnya. Para nasabah BSU Cendana, dapat menyetorkan sampahnya di semua BSSU Cendana. Kemudahan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah dan juga kepedulian masyarakat terhadap sampah.

Baca juga: Bank Sampah Cendana Dharma Wanita BLI KLHK Hasilkan Rp.12 juta dalam 10 Bulan

“Bank sampah DWP BLI ini luar bisa, sudah punya unit banyak,” ujar Vinda, perwakilan BASIBA yang hadir dalam kegiatan penyetoran sampah BSU Cendana ini. Bank Sampah Induk yang berada di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor ini, selain mengangkut sampah dari Bank Sampah Unit, juga mengangkut sampah-sampah dari masyarakat, kantor dinas dan juga sekolah.

Di akhir kunjungan, Menteri Siti mengucapkan terima kasih dan berharap BSU Cendana sukses mengelola bank sampahnya. Sebelum meninggalkan Kampus BLI, Menteri Siti melakukan foto bersama dengan para pengurus BSU Cendana serta meninjau ruang kerja DWP BLI yang juga menjadi Kantor BSU Cendana.*(DP)


Informasi lebih lanjut:
Direktur Bank Sampah Unit Cendana (Ny. Neni Satria Astana / HP 0813-8415-1188)
Dharma Wanita Persatuan Badan Litbang dan Inovasi, KLHK
Jl. Gunung Batu Nomor 5, Kota Bogor, 16610, e-mail: dwpblibogor@gmail.com