KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita LHK
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 08. March 2019 - 12 klik

Menteri LHK Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Cilacap

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 5 Maret 2019. Bersama sekitar 3.000 warga masyarakat, dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap, Menteri LHK, Siti Nurbaya melakukan kegiatan Coastal Clean Up/Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan kampanye mengajak masyarakat untuk peduli dalam upaya pengurangan sampah, terutama sampah plastik sekali pakai. Kegiatan bersih pantai kali ini dapat mengumpulkan total 7.2 Ton sampah yang mengotori bibir pantai.
 
Menteri Siti turun langsung memungut sampah dan memasukannya ke dalam karung untuk kemudian dilakukan penimbangan. Kegiatan bersih pantai ini sangat antusias diikuti oleh warga sekitar pantai. Bahkan salah seorang ibu dengan semangat ikut membantu memungut sampah dengan tangan kosong tanpa dilengkapi sarung tangan. Melihat hal tersebut Menteri Siti segera menghampiri Si Ibu untuk memintanya menggunakan sarung tangan miliknya yang sebelah kiri. Kejadian itu sontak membuat Si Ibu kaget dan sangat berterima kasih atas kepedulian Menteri Siti.
 
"Yang paling penting dari gerakan bersih pantai ini adalah gambaran munculnya antusiasme dan tanggung jawab masyarakat. Karena kalo soal lingkungan selain regulasinya itu kampanye publiknya untuk mengajak masyarakat, saya kira kita sudah mulai itu sekarang," ujar Menteri Siti.
 
Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari yang lalu. Secara nasional kampanye peduli sampah telah dilakukan dengan pencanangan Aksi Bersih Sampah Nasional yang telah dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Kapuk, Jakarta pada tanggal 4 Maret 2019 kemarin. 
 
Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini melibatkan masyarakat sekitar, pengunjung, anak-anak sekolah dan juga para pekerja di Pertamina RU IV Cilacap. Menteri Siti sempat juga mengajak anak2 SD sekitar untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Kegiatan bersih pantai ini diawali dengan penyerahan secara simbolis alat kerja/perlengkapan bersih pantai (sapu dan pengki) oleh Menteri Siti kepada perwakilan pekerjaan Pertamina RU IV. 
 
Kegiatan bersih pantai ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri LHK ke Cilacap dalam rangka mendukung program lingkungan PT Pertamina RU IV Cilacap. 
 
Kunjungan Menteri LHK kali ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) M. R. Karliansyah, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Jajaran Forkompinda Kabupaten Cilacap, serta jajaran manajemen Pertamina baik dari korporat maupun RU IV Cilacap.