KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 08. February 2019 - 818 klik

Suasana Haru Penuhi Perpisahan Purna Tugas Kepala BP2TPTH

BP2TPTH Bogor (Bogor, Februari 2019)_Suasana haru memenuhi acara perpisahan purna tugas Kepala Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH), Ir. Suratmi, M.Si di Bogor, Jumat (01/02/2019) lalu. Kesan mendalam yang dirasakan pegawai BP2TPTH selama di bawah kepemimpinannya sangat terasa saat itu.

“Terima kasih Ibu, selama ini telah memperhatikan kami, khususnya para peneliti,” kata Yulianti, salah satu peneliti di BP2TPTH dengan penuh haru saat menyampaikan pesan dan kesannya.

“Selamat purna tugas Ibu, semoga selalu sehat dan tetap terjalin silaturahmi dengan kami teman-teman di sini,” kata Rudy Suryadi, Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian BP2TPTH.

Menurut perwakilan yang menyampaikan kesan dan pesannya, ibarat seorang guru, semboyan “ing ngarso sung tulado, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani” dari Ki Hajar Dewantara, adalah penggambaran yang sesuai untuk dua tahun lebih berproses bersama. Menurut mereka, bagaimana Ibu Suratmi di depan mampu memberikan teladan bagi seluruh pegawai, peneliti maupun struktural, PNS maupun tenaga kontrak.

Selain itu, bersama seluruh pegawai BP2TPTH beliau mampu membangkitkan kemauan, semangat dan niat agar BP2BPTH menjadi besar, diperhitungkan dan tidak dipandang sebelah mata oleh pihak lain. Tidak sebatas wacana, bersama-sama, beliau turut mewujudkan hal tersebut. Dan dari belakang selalu memberi motivasi, dorongan moral dan semangat bagi seluruh pegawai untuk lebih produktif, berdaya cipta dan mampu memberikan solusi ketika terdapat hambatan-hambatan bagi para pegawainya untuk lebih maju.

Beberapa prestasi yang ditorehkannya selama menjadi Kepala Balai di BP2TPTH, yaitu menjadikan Jurnal Perbenihan Tanaman Hutan (JPTH) menjadi jurnal yang terakreditasi dan menjadikan BP2TPTH menjadi salah satu institusi litbang yang dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) oleh Kemenristek tahun 2019-2021. Prestasi lainnya, dalam hal pengawasan tidak terdapat temuan pengembalian uang, zero temuan BPK RI dan telah mewariskan sistem kerja dan suasana yang kondusif untuk sinkronisasi semua bidang pekerjaan.

Terharu atas kesan mendalam yang disampaikan kepadanya pada acara tersebut, Suratmi, M.Si menyampaikan terima kasih dan berpesan agar tetap memberi yang terbaik bagi negara. “Terima kasih kepada Bapak Ibu semua, atas kerja samanya selama ini. Karena tanpa kerja sama, semua pekerjaan tidak dapat terselesaikan dengan baik,” kata Suratmi kepada semua jajarannya dan para undangan yang hadir.

“Tetaplah bekerja dan bersemangat sampai akhir tanggal memasuki pensiun, karena kita sudah dibayar oleh negara sehingga janganlah membuat negara rugi dengan kita bermalas-malasan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Suratmi menjadi Kepala Balai di BP2TPTH terhitung sejak Desember 2016 sampai dengan Januari 2019, yang sebelumnya ditunjuk menjadi Plt. Kepala Balai sejak Mei 2016. Acara ini dihadiri oleh pegawai BP2TPTH dan tamu undangan, diantaranya Ir. Suharianto, M.M, Kepala Balai BP2TPTH sebelumnya.

Seperti pepatah lama yang menyebutkan “harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading”, seorang pemimpin pergi meninggalkan ketauladanan dan budi baik untuk dikenang.***YN/Dsm