Dientry oleh Rizda Hutagalung - 07 February, 2019 - 2575 klik
BP2LHK Aek Nauli Luncurkan Buku Konservasi dan Ekowisata Gajah

BP2LHK Aek Nauli (Aek Nauli, Februari 2019)_Sebagai salah satu bentuk diseminasi hasil penelitiannya, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Aek Nauli meluncurkan buku berjudul “Konservasi dan Ekowisata Gajah: Sebuah Model dari KHDTK Aek Nauli”.

”Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat, bahwa ekowisata dapat menjadi program yang tepat untuk terus dikembangkan dalam mewujudkan pengelolaan hutan secara lestari dan bernilai guna dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK, Dr. Agus Justianto dalam sambutannya pada buku yang ditulis oleh tim peneliti yang terdiri dari Wanda Kuswanda, Rospita O.P. Situmorang, Kaniwa Berliani, Sriyanti P. Barus, dan Johansen Silalahi.

Mengapresiasi buku tersebut, Agus menyampaikan bahwa buku tersebut memberikan pengetahuan dan informasi yang lengkap terkait bioekologi gajah dan pemahaman terhadap ekowisata, serta telah dilengkapi dengan berbagai rekomendasi strategi pengembangan ekowisata untuk mendukung konservasi satwa liar, khususnya gajah yang cukup komprehensif.

Senada dengan itu, Pratiara, S.Hut, M.Si, Kepala BP2LHK Aek Nauli dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mendukung pengelolaan Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC), BP2LHK Aek Nauli telah melakukan rangkaian riset dan kajian dari berbagai publikasi yang hasilnya dituangkan dalam buku tersebut.

“Besar harapan kami, buku ini dapat menjadi rujukan para pihak dan dapat digunakan menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam mendukung upaya konservasi dan ekowisata satwa liar secara bijaksana, khususnya gajah sumatra yang telah terancam punah,” kata Pratiara.

Mewakili penulis, Wanda menyampaikan bahwa buku tersebut disusun secara bersama-sama melalui pendekatan berbagai latar belakang keahlian dan disiplin ilmu, sehingga dapat menyajikan berbagai ilmu pengetahuan yang terkait dengan hewan (zoologi), lingkungan hidup (ekologi), sosial (sosiologi), serta manajemen, khususnya manajemen hutan melalui ekowisata.

“Informasi yang terdapat di dalam buku ini beragam sekali, sehingga akan sangat tepat digunakan sebagai referensi dan panduan atau pedoman bagi para pelajar, akademisi, praktisi, pegiat lingkungan, dan masyarakat umum secara komprehensif,” kata Wanda.

Wanda menyampaikan bahwa penulisan buku tersebut didasarkan pada keinginan untuk mendiseminasikan beragam hasil penelitian terkait pengembangan konservasi gajah di KHDTK Aek Nauli. Salah satu penelitian tersebut diperuntukkan dalam pengembangan riset dan lokasi ekowisata sekitar Danau Toba.

“Semoga buku ini dapat menjadi sumber pengetahuan dan bermanfaat dalam mewujudkan konservasi dan ekowisata gajah Sumatra,” pungkas Wanda.

Sebagai informasi, buku setebal 256 halaman ini berisi berbagai informasi, mulai dari bioekologi gajah, permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam konservasi gajah, gambaran KHDTK Aek Nauli  sebagai habitat gajah, sampai strategi pengembangan ekowisata gajah. Agar lebih mudah dipahami semua lapisan masyarakat, buku ini disusun dalam bahasa yang lebih populer.

Terdiri dari sepuluh bab, buku ini dimulai dari Pendahuluan (Bab I). Selanjutnya, Mengenal Bioekologi Gajah Sumatra (Bab II); Gambaran KHDTK Aek Nauli sebagai Lokasi Ekowisata (Bab III); Tantangan Pelaksanaan Konservasi Gajah Sumatra (Bab IV); Ekowisata: Model Konservasi Satwa Liar Masa Depan (Bab V); Pemanfaatan Gajah untuk Ekowisata (Bab VI); Kelayakan Ekowisata Gajah di KHDTK Aek Nauli (Bab VII); Pengelolaan Pakan untuk Kesejahteraan Gajah (Bab VIII); dan Strategi Pengembangan Ekowisata dalam Mendukung Konservasi Satwa Liar (Bab IX); serta Strategi Pengembangan Ekowisata Gajah pada ANECC (Bab X).***MB

 

Cover dan Pendahuluan

Bagi yang ingin mendapatkan full copy buku Konservasi dan Ekowisata Gajah ini (digital dan hardcopy), silakan hubungi:
Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) AEK NAULI
http://aeknauli.org
Jl. Raya Parapat Km. 10,5 Sibaganding, Parapat , Sumatera Utara 21174, Telp. 0625 - 41659, Fax. 0625 – 41659
Email: bpk.aeknauli@gmail.com