Dientry oleh Master Administrator - 25 January, 2019 - 1944 klik
Kepala Badan: Kunci Keberhasilan Ada 5K

BLI (Bogor, Januari 2019)_Kemauan, kemampuan, kesempatan, kedisiplinan dan kehendak Tuhan (5K) adalah kunci keberhasilan. Ini disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Agus Justianto, saat berbagi pengalaman dan juga arahan di Puslitbang Hasil Hutan (P3HH), Bogor (23/1).

“Kunci keberhasilan ada 5K,” ungkap Agus.  Baginya, itu adalah kunci yang selalu dipegang. “Harus ada kemauan yang kuat jadi nomor satu,” lanjutnya. Ini dengan sendirinya akan membentuk energi positif.

Baca juga: Mental “Be Number One” Penting untuk Berprestasi

Di depan seluruh jajaran P3HH, Agus menyampaikan harapannya agar BLI mampu berhasil sebagai policy think tank dalam proses pengambilan keputusan di lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  Apalagi saat ini BLI dituntut untuk responsif memenuhi kebutuhan informasi para pengambil kebijakan, terutama untuk Menteri LHK.

Untuk berhasil dalam proses tersebut, Agus menekankan, bahwa masukan dari peneliti sangat dibutuhkan. Peneliti harus memahami perannya sebagai policy think tank.

“Tolong diubah mindset itu, karena proses pengambilan keputusan, dinamikanya sangat tinggi. Dan kalau momentumnya lewat, tidak ada gunanya. Ingat, momentum,” tegasnya.

Selain itu, Agus juga menekankan  pentingnya BLI memberikan penyadaran publik tentang hasil-hasil litbang. “Karena apapun yang kita lakukan, jika tidak diketahui publik, tidak ada gunanya,” tegas Agus. Di masa kini, semua akan lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

“Ini strategi saya, BLI harus dikenal oleh semua, termasuk oleh pimpinan kita. Hasil-hasil kerja dan karya BLI harus dipromosikan dan diketahui banyak pihak,” imbuh Agus.

Untuk itu, Agus meyakini bahwa perubahan harus dilakukan dari dalam.  Dan itu hanya bisa dilakukan oleh champion. Selama ini, pengalaman membuktikan bahwa para champion harus terus didorong dan diberi kesempatan.  Ini biasanya berhasil.

Terkait capaian P3HH 2018, orang nomor satu di BLI ini sangat mengapreasi, “Saya menganggap Puslitbang Hasil Hutan ini adalah champion bagi BLI.”  Hasil-hasil litbang dari P3HH banyak yang membanggakan, tidak hanya bagi BLI, melainkan juga Menteri LHK.  Sebut saja AIKO dan xyalarium, disamping banyak lagi hasil-hasil yang merupakan harta karun P3HH, yang harus dipoles untuk muncul.

“Saya ingin dorong terus teman-teman, untuk selalu berinovasi, memberikan sumbangan untuk negeri ini dan masyakarat banyak,” harapnya.

Baca juga: Kepala Badan Challenge Peneliti Rumuskan Inovasi

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris BLI, Dr. Sylvana Ratina dan Kepala P3HH, Dr. Dwi Sudarto, Agus juga menyampaikan tentang tantangan yang dihadapi dalam era disrupsi. Di era kompetisi ini, kita harus jadi orang extraordinary. Kenapa? Karena jika tidak, kita akan kalah.  Pilihannya apakah ingin jadi pemenang, atau pecundang?. *(DP)