KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Master Administrator - 04:15 pm, 14. January 2019 - 183 klik

Penandatanganan Perjanjian Kinerja BLI 2019: Komitmen untuk Wujudkan Target

BLI (Serpong, Januari 2019)_Mengawali 2019, seluruh jajaran pimpinan satuan kerja lingkup Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi (BLI) melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kinerja 2019 dengan Kepala Badan. Acara ini digelar dalam rangkaian Pembahasan Rencana Kerja BLI 2019, Serpong, Jum’at (11/1). Perjanjian ini adalah bentuk komitmen dan amanah untuk mewujudkan target yang telah ditetapkan.

“Sekali lagi ini amanah, dan juga kesepakatan antara penerima, atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi, wewenang dan sumber daya yang tersedia,” jelas Kepala BLI, Dr. Agus Justianto, dalam arahannya.

Penandantangan dokumen tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada hasil. 

Tahun 2019 ini bertepatan dengan akhir dari periode Rencana Strategis BLI 2015-2019. Terkait hal itu, Agus sangat menekankan pentingnya komitmen semua pihak memenuhi target-target dalam perjanjian kinerja tersebut.

“Target dalam perjanjian kinerja 2019, harus dapat tercapai dan mendukung pencapaian output di akhir periode Renstra BLI 2015-2019. Salah satunya adalah fokus pada penyusunan hasil sintesa akhir kegiatan litbang yang telah kita laksanakan sejak 2015,” tegas Agus lebih lanjut. Semua jajaran BLI diharapkan mencurahkan seluruh kemampuan dan energi untuk mencapai kinerja yang sebaik-baiknya.

Perjanjian Kinerja 2019 ini ditandatangani oleh 20 pimpinan satuan kerja BLI (1 Sekretariat, 4 Puslitbang, 2 Balai Besar dan 13 Balai Litbang) dengan Kepala Badan.

Dalam upaya pencapaian target kinerja tersebut, akan dilakukan pengawasan melekat berjenjang, internalisasi revolusi mental serta mendorong dan membangun generasi berwawasan lingkungan.  Pencapaian target kinerja tersebut merupakan bagian tak terpisahkan atas tanggung jawab jabatan.

Supervisi akan dilakukan oleh Kepala BLI, dibarengi dengan evaluasi terhadap capaian kinerja dari perjanjian ini. Selain itu, juga akan diambil tindakan yang diperlukan dalam rangka pemberian penghargaan dan sanksi.

Selain penandatanganan perjanjian kinerja, agenda lain yang juga dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan ini adalah pembinaan Kepala BLI, pelepasan pejabat struktural BLI ke Komnas HAM dan pemaparan capaian BLI 2018.*(DP)