KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Master Administrator - 09:34 pm, 11. January 2019 - 144 klik

Pelepasan Pejabat BLI ke Komnas HAM

BLI (Serpong, Januari 2019)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK secara resmi melepas 2 orang pejabat strukturalnya, yakni Dr. Esrom Hamonangan, S.Si, MEE dan Gatot Ristanto, SH, MH, yang mendapat promosi ke jabatan tinggi madya di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Pelepasan dilakukan oleh Kepala BLI, Dr. Agus Justianto, di Auditorium Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL), Serpong (11/1).

Dalam sambutannya Agus berpesan bahwa tugas jabatan itu adalah amanah, sehingga harus dilaksanakan sebaik-baiknya, serta dapat membawa nama baik BLI. “Dan juga mohon bisa menjadi mitra utama BLI. Selamat bertugas, selamat menjalankan amanah, dan mudah-mudahan berhasil serta sukses,” ujar Agus di akhir sambutannya.

Sebagai informasi, sebelumnya Sekretaris Jenderal Komnas HAM, Dr. Tasdiyanto, telah melantik dan mengambil sumpah jabatan keduanya pada Jumat (4/1) di Ruang Pleno Komnas HAM. Esrom yang semula menjabat Kepala Bidang Kerjasama dan Diseminasi, pada Puslitbang Hutan (P3H) saat ini menjadi Kepala Biro Perencanaan, Pengawasan Internal dan Kerjasama, pada Komnas HAM. Sementara Gatot yang semula sebagai Kepala Bidang Kerjasama dan Diseminasi, pada Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) saat ini menjadi Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, pada Komnas HAM.

Dalam kesan dan pesannya, baik Esrom dan Gatot menyampaikan bahwa pengalaman selama di BLI telah memberi banyak inspirasi, berpandangan lebih kritis dan terbuka, serta mempelajari hal-hal baru tentang iptek kehutanan. Keduanya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari para pimpinan tertinggi BLI atas tercapainya promosi mereka.

“Tentunya dengan dukungan dan doa dari Bapak Kepala Badan dan Ibu Sekretaris Badan, ketika saya diuji oleh Tim KPK, Kementerian Hukum dan HAM, Profesor Hukum Pidana Universitas Solo serta Komisioner HAM, saya dinyatakan telah memenuhi syarat,” ungkap Gatot.

Menyambut harapan Kepala BLI agar tetap menjadi mitra utamanya, Gatot menyampaikan bahwa akan tetap mendukung BLI dalam perspektif hak asasi manusia pada konteks penelitian. Hal yang sama juga disampaikan oleh Esrom.

“Saya tetap ingin membangun komunikasi dan sekali lagi terima kasih untuk dukungan semuanya,” ujar Esrom di akhir sambutan

Hadir dalam pelepasan ini, seluruh pejabat struktural lingkup BLI dan juga para peneliti lingkup Puslitbang dan peneliti Balai Ciheleut Bogor. Pelepasan ini digelar dalam rangkaian acara pembahasan rencana kerja 2019, pembinaan peneliti dan pemaparan capaian 2018 seluruh satuan kerja lingkup BLI.*(DP)