KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Master Administrator - 05:26 pm, 11. January 2019 - 148 klik

ITPC Ditargetkan Resmi Berdiri Sebelum Akhir 2019

BLI (Bogor, Januari 2019)_Peresmian dan peluncuran Pusat Gambut Tropis Internasional atau International Tropical Peatland Center (ITPC) ditargetkan dapat terlaksana sebelum akhir 2019. Hal ini tertuang dalam rencana kerja Strategic Priorities (SP) ke-1 yang disampaikan Kepada Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Dr. Agus Justianto, pada acara Koordinasi Program dan Aktivitas ITPC 2019 di hadapan para mitra koordinasi ITPC, di Ruang Sekretariat ITPC, Kampus Gunung Batu, Bogor (10/1).

“Pendirian ITPC ini sangat dibutuhkan untuk mendukung tindakan besar dengan teknologi pengetahuan terkini dan inovasi-inovasi baru,” tegas Agus dalam sambutannya. Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa tanggung jawab pembentukannya oleh Interim Secretariat ITPC dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya, yang telah resmi dibentuk dan di-soft launching pada tanggal 30 Oktober 2018 lalu.

Selain terpenuhinya aspek legal ITPC, keluaran yang diharapkan dari Interim Secretariat ITPC dalam 10 bulan ke depan adalah tersedianya masterplan strategi dan praktik pengelolaan lahan gambut, roadmap pendanaan serta sistem tata kelola.

“Saya berharap Interim Secretariat dapat segera merealisasikan agenda dan aktivitas ITPC. Dan karena kita akan melangkah jauh, maka kita harus melakukannya bersama-sama. Kami mengundang para pihak untuk bergabung,” tegas Agus.

Baca juga: Menteri LHK Resmikan Interim Secretariat ITPC

Para mitra koordinasi yang hadir pada acara ini yakni United Nations Environment Programme (UNEP), Center for International Forestry Research (CIFOR) dan Badan Restorasi Gambut (BRG). Selain itu, hadir juga Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), selaku mitra pelaksana ITPC.

“Keberadaan UNEP di sini adalah untuk mendukung ITCP dan apapun yang akan kita lakukan, seperti pengaturan tata kelola dan mekanisme institusional adalah permulaan yang baik untuk pembentukan ITPC,” ujar Dechen Tsering, Ph.D, Direktur Regional Asia dan Pasific, UNEP.

Lebih lanjut Tsering menekankan bahwa untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, para pihak harus fokus pada pendanaan. Proposal bersama untuk mendapatkan pendanaan harus segera diajukan sehingga ITPC dapat segera terbentuk.

Sementara Prof. Dr. Daniel Murdiyarso, yang mewakili Direktur CIFOR menekankan pentingnya ITPC segera memiliki koordinator. Perannya tidak hanya mencakup teknis melainkan juga untuk mengintegrasikan semua upaya dan pengetahuan tentang gambut yang sudah terakumulasi saat ini. Selain itu juga harus berperan melakukan kerjasama yang intensif untuk penyelesaian agenda yang sudah ditetapkan.

Dr. Haris Gunawan, dari Badan Restorasi Gambut (BRG), selain menyampaikan pengalaman BRG selama 3 tahun terakhir, juga berharap ITPC dapat memfasilitasi peneliti. “Saya pikir ITPC juga dapat memfasilitasi peneliti lokal, nasional, internasional untuk duduk bersama bagaimana membangun metodologi dan hal lain yang diperlukan,” ungkap Haris.

BRG telah bekerja selama 3 tahun dan telah memiliki beberapa hasil riset lahan gambut, sistem jejaring kerja lokal, dan juga membangun realtime ground level monitoring. Haris mengatakan “Ini dapat menjadi awal yang baik bagi ITPC untuk menjadi pusat keunggulan,”

Keberadaan ITPC ini ditujukan untuk memastikan pembuat kebijakan, praktisi dan masyarakat memiliki akses ke informasi dan analisis yang kredibel dan sah. Selain mendapatkan akses ke semua perangkat yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan konservasi dan pengelolaan lahan gambut tropis. ITPC juga akan mengajak negara lain terutama yang memiliki lahan gambut, organisasi internasional, sektor swasta, dan lembaga penelitian untuk berkontribusi dan ikut bekerja sama.*(DP)

Informasi lebih lanjut:
Research, Development, and Innovation Agency (FOERDIA)
Ministry of Environment and Forestry of Indonesia
Manggala Wanabakti Building Jalan Jenderal Gatot Subroto,
Jakarta-Indonesia 10270
Phone: 021-57903068 ext 373
Email: datinfo.p3h@gmail.com

Center for International Forestry Research (CIFOR)
Jalan CIFOR, Situ Gede, Sindang Barang, Bogor Barat, Indonesia
Postal code: 16115
Phone: 62-251-8622-622
Fax: 62-251-8622-100
Email: cifor@cgiar.org

https://www.tropicalpeatlands.org/