KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Master Administrator - 14. December 2018 - 1429 klik

“Anoa Goes to School” Kolaborasi untuk Sukseskan Pendidikan Konservasi Sejak Dini

BP2LHK MANADO (Bolaang Mongondow, Desember 2018)_Anoa Goes to School, adalah salah satu program pendidikan konservasi satwa endemik Sulawesi, yang dimotori oleh Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado. Berkolaborasi dengan berbagai mitra konservasi, Anoa Goes to School diselenggarakan dengan membidik masyarakat khususnya anak usia sekolah, untuk mengenalkan konservasi sejak dini.

Program Anoa Goes to School dilakukan melalui pengajaran di sekolah secara menarik dan interaktif, mulai tingkat SD hingga SMA. Tujuannya untuk memperkenalkan anoa sebagai satwa endemik Sulawesi dan mengedukasi siswa tentang pentingnya konservasi anoa.

Kali ini (12/12), Anoa Goes to School menyambangi SMAN 2 Dumoga dan SMPN 5 Dumoga di wilayah Kab. Bolaang Mongondow, untuk melakukan Program Pendidikan Konservasi Anoa. Dalam kegiatan ini ABC BP2LHK Manado bekerjasama dengan PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) yang mendukung melalui Cooperative Social Responsibly (CSR) nya dan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, yang kawasan hutannya merupakan habitat anoa.

“Selain penelitian dan pengembangan, salah satu program ABC adalah menyebarluaskan informasi konservasi kepada masyarakat. Semakin masyarakat mengenal anoa diharapkan masyarakat dapat turut serta melestarikannya dengan menjaga kawasan hutan dimana anoa tinggal,” ungkap Rahma Suryaningsih, S.Hut, Manajer ABC BP2LHK Manado, dalam kunjungannya.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik, dari pihak sekolah maupun siswa.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa dijadikan tempat kegiatan pendidikan konservasi ini. Dan saya kira, ini adalah terobosan yang sangat baik mengingat SMAN 2 Dumoga terletak di sekitar kawasan hutan yang menjadi habitat anoa di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone,” kata Surasdin Modeong, S.Pd, Kepala Sekolah SMAN 2 Dumoga.

Dalam kunjungan ini, materi yang disampaikan adalah tentang anoa dan habitatnya. ”Kami sangat senang bisa berbagi ilmu tentang konservasi kepada adik-adik ini, karena merekalah yang akan menjadi pelaku konservasi di masa mendatang,” kata Nurasmadi, Teknisi Litkayasa BP2LHK Manado, yang juga anggota tim ABC.

Dengan slogan “Kampus Kreatif Sahabat Rakyat”, tim ABC juga siap menyambut edukasi lapangan untuk mengenal koservasi anoa lebih dekat. Penangkaran anoa milik ABC BP2LHK Manado, adalah sarana yang sangat luar biasa untuk pembelajaran konservasi anoa. Terutama mengingat saat ini satwa anoa sangat sulit dijumpai di habitat alaminya.

Dilaksanakan sejak 2017, Anoa Goes to School ini rencananya akan berlanjut hingga 2022. Didukung oleh berbagai mitra yang peduli konservasi, diharapkan kegiatan ini dapat berdampak pada peningkatan pengetahuan dan kesadaran generasi muda untuk turut berperan dalam konservasi satwa endemik Sulawesi.

Kegiatan di dua sekolah ini diakhiri dengan foto bersama, pembagian stiker konservasi sebagai souvenir dan penyerahan papan edukasi anoa oleh Anoa Breeding Centre BP2LHK Manado kepada perwakilan sekolah.***MF