KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 02:50 pm, 30. November 2018 - 24 klik

Jumat Bersih, Wujud Cinta Lingkungan Ala BP2LHK Banjarbaru

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, November 2018)_Dimulai bulan November 2018 ini, setiap Jumat, tanggal 2, 9, 16, 23 dan 30 November 2018 Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru melaksanakan kegiatan Jumat Bersih. Semua pegawai wajib ikut serta. Kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan lingkungan kantor, arboretum dan fasilitas kantor lainnya. Dimulai pukul 08.00 – 10.30 WITA. Harapannya lingkungan kantor tertata rapi dan terjaga kebersihannya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Rahayu Setyawati, S.Hut, MP menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Bersih adalah bagian dari pelaksanaan Program Revolusi Mental. “Pelaksanaan Revolusi Mental terdiri dari 5 program yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih,Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersatu. Nah pelaksanaan Jumat Bersih adalah bentuk pelaksanaan Revolusi Mental Indonesia Bersih dan Bersatu,“ kata Rahayu.

Kegiatan Jumat bersih diawali dengan  apel pagi. Dalam arahannya, Kepala BP2LHK Banjarbaru, Ir. Tjuk Sasmito Hadi, MSc. mengungkapkan bahwa kebersamaan dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan kantor harus dibangun. Menurutnya, tugas ini tidak hanya dibebankan kepada petugas kebersihan, tapi kepada semua orang dengan ikut bergotong-royong melakukannya.

“Inilah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, dan itu harus sudah menjadi budaya dan karakter sebagai pegawai lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” kata Tjuk bersemangat.

Dalam 4 minggu berjalan, kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan pekarangan di sekitar Green House, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk tempat berkumpul pada jam istirahat kantor. Kayu dan ranting yang besar dalam areal arboretum dikeluarkan, agar para pengunjung dapat lebih menikmati kesejukan berjalan dibawah pepohonan.

Tak ketinggalan para Ibu-ibu dengan senjata andalannya “sapu” beraksi membersihkan dedaunan di sepanjang jalan keluar dan masuk kantor. Daun tersebut dikumpulkan di lantai arboretum, yang pastinya dapat menjadi pupuk alami untuk tanaman di arboretum. Selain itu telah dilakukan juga penanaman tanaman coklat di sela-sela tanaman yang sudah besar.

Melepas lelah setelah berjibaku membersihkan lingkungan, kegiatan ini ditutup dengan kumpul bersama menikmati hidangan untuk menggantikan energi yang hilang. Pisang rebus, gorengan, berbagai jenis jajanan pasar tersaji bersama teh dan kopi hangat. Kebersamaan nampak dari canda gurau diantara semua pegawai.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan hal yang sederhana. Namun semuanya perlu pembiasaan. Dengan kegiatan yang terus dirutinkan setiap minggunya, maka semua pegawai diharapkan akan terbiasa. Jika lingkungan kantor bersih dan nyaman tentu harapannya akan meningkatkan kinerja dan semangat para pegawai.***