KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 10. September 2018 - 114 klik

Mengenal Hutan, Tumbuhan dan Satwa Sejak Dini Bersama Balai Litbang LHK Banjarbaru

BP2LHK_Banjarbaru (Banjarbaru, September 2018_Sebanyak 151 orang siswa dan siswi kelas 6 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sabilal Muhtadin Banjarmasin melakukan kunjungan ke Balai Litbang LHK (BP2LHK) Banjarbaru, Rabu (29/8/2018).  Melalui kunjungan yang mengangkat tema "Kami Bisa Karena Kami Melihat dan Merasakan" ini, para siswa  diajak mengenal tumbuhan, pembibitan dan fauna hutan.

“Melalui tema ini diharapkan para siswa dapat memahami arti lingkungan dan kehutanan. Semoga para siswa dapat mengamalkan ilmunya untuk dikemudian hari,”  kata Nurjaya selaku guru pendamping dalam pembukaan acara.

Menyambut baik kunjungan ini, Iskandar, S.Hut, MIL, Kepala Seksi Sarana Penelitian mewakili kepala balai menjelaskan tentang keberadaan arboretum maupun Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang dikelola BP2 LHK Banjarbaru dengan masing-masing kriteria lahannya.

“Semoga anak-anak dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan memperhatikan semua yang disampaikan oleh para peneliti yang nantinya menjelaskan dan mempraktikkan tentang tema dimaksud, sehingga tujuan  antara pihak sekolah dan balai dapat terpenuhi,” pesan Iskandar kepada para siswa.

Siswa dan siswi sangat antusias mengikuti sesi demi sesi yg telah dirangkai menjadi kegiatan yang menarik ini. Sesi pengenalan tumbuhan di arboretum dibimbing oleh Rusmana, Junaidah dan Fajar Lestari, para peneliti. Di sesi ini, anak-anak dikenalkan tentang hutan dan manfaatnya bagi kehidupan, dan jenis-jenis tanaman hutan beserta ciri-ciri dan manfaatnya, seperti : ulin (Eusideroxylon zwageri), galam (Melaleuca leucadendron), gaharu, dan pulai (Alstonia angustiloba).

Sesi pengenalan fauna dibimbing oleh Beny Rahmanto dan Safinah Surya Hakim yang dibantu oleh mahasiswa magang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat. Pada sesi ini dikenalkan beberapa jenis satwa beserta ciri-cirinya, seperti ular sanca (Malayopython reticulatus), bekantan (Nasalis larvatus), burung enggang (Buceros vigil) dan orang utan (Pongo pygmaeus).  

Sesi pembibitan tanaman hutan di persemaian dibimbing oleh Syaifuddin, Budi Hermawan, dan Ahmad Ali Mustofa. Pada sesi ini, anak-anak diajarkan cara membibitkan tanaman dan menaman di lapangan. Anak-anak praktik secara langsung menyemai bibit mersawa (Anispotera sp.) yaitu  dengan mengisi media tanam ke polybag dan menyemainya.

Anak-anak juga melakukan penanaman bibit yang telah disediakan di arboretum yaitu bibit gaharu. Interaksi ini juga diramaikan dengan tanya jawab antara pengajar dan siswa. Kegiatan kunjungan ditutup dengan dilakukannya penyerahan bibit gaharu sebagai  kenang-kenangan untuk ditanam di lingkungan sekolah.

Kegiatan kunjungan ini menjadi salah satu wadah bagi BP2LHK Banjarbaru untuk mengenalkan pentingnya keberadaan hutan beserta tumbuhan dan satwa yang  ada di dalamnya sejak usia dini sehingga tumbuh kecintaan dan kesadaran untuk melestarikan hutan. Mari kita lestarikan hutan kita dengan menanamkan kecintaan pada lingkungan di sekeliling kita.***JND