KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 03. August 2018 - 136 klik

P3MKG dan Balitek DAS Sepakat Berkolaborasi Atasi Bencana Nasional

Balitek DAS (Solo, Agustus 2018)_Dalam rangka mengatasi bencana nasional, Pusat Litbang Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (P3MKG) dan Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) akan berkolaborasi dalam kegiatan litbang. Hal ini disepakati saat P3MKG berkunjung ke Kantor Balitek DAS di Solo, Kamis (2/8/2018). 

"Saat ini, P3MKG dan Balitek DAS berada dalam satu kluster Pusat Unggulan Iptek (PUI) yaitu kebencanaan. Balitek DAS merupakan koordinator sub kluster bencana hidrometeorologi, sedangkan P3MKG pada bencana geologi. Kolaborasi bersama kedua lembaga ini akan menghasilkan suatu hal yang komprehensif dan bisa menyusun satu aksi dalam kebencanaan," kata Dr. Nur Sumedi, Kepala Balitek DAS Solo. 

Sumedi berharap dengan kolaborasi bersama ini kedua lembaga saling membantu, terutama dalam kegiatan litbang. Balitek DAS - Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI KLHK) bisa memperoleh data-data untuk kegiatan litbang dari P3MKG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), begitu juga sebaliknya. Namun, Sumedi berharap dalam kolaborasi tersebut tidak terbatas pada sharing data yang dibutuhkan dalam kegiatan penelitian, tetapi juga bisa melakukan kegiatan penelitian bersama. 

"Akan sangat bagus, apabila memungkinkan ada kegiatan kedua lembaga yang mempunyai lokus sama," kata Sumedi yang berharap kemungkinan ini dapat dibahas lebih detil pada sesi berikutnya. 

Pihak lainnya, Dr. Supriyanto Rohadi, Kepala Bidang Litbang Geofisika P3MKG juga menyatakan hal yang sama, yaitu P3MKG akan melakukan kolaborasi penelitian dengan Balitek DAS. Ada beberapa kegiatan penelitian di P3MKG yang sejalan atau searah dengan penelitian Balitek DAS yang nanti mungkin bisa dikolaborasikan. 

"Ada tiga hal bencana menurut forum ekonomi global yang merujuk pada tupoksi BMKG, yaitu cuaca ekstrim, perubahan iklim dan bencana alam. Untuk meminimalisir dampak bencana, diperlukan sistem peringatan dini (early warning system). Sistem inilah yang nanti perlu dieksplor lebih lanjut dengan Balitek DAS," kata Supriyanto. 

Terkait sharing data, Supriyanto menyatakan bahwa BMKG siap membantu penyediaan data untuk kegiatan litbang dengan respon yang cepat. Apabila data tersebut berbayar maka urusan administrasi bisa belakangan. Sedangkan untuk data tidak berbayar dapat juga diakses secara online pada http://dataonline.bmkg.go.id/home. 

Pada akhir pertemuan, P3MKG dan Balitek DAS saling bertukar cenderamata berupa beberapa publikasi yang dihasilkan oleh kedua lembaga tersebut.***