KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 11:56 am, 06. June 2018 - 169 klik

Mahasiswa Diploma Teknologi Industri Benih IPB Praktik Lapangan di BP2TPTH Bogor

BP2TPTH (Bogor, 4/6/2018)_Dalam rangka pengembangan potensi akademik dan teknis, mahasiswa Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan praktik ke Balai Litbang Teknologi Perbenihan Tanaman Hutan (BP2TPTH). Ini adalah salah satu tugas praktikum lapangan mahasiswa Program Keahlian Teknologi Industri Benih semester 4 tahun akademik 2017/2018. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 pekan, pada tanggal 4, 11 dan 18 Mei 2018 ini diikuti 62 orang mahasiswa didampingi 4 dosen pembimbing. 

“Selamat datang adik-adik Diploma IPB di kantor kami, selamat melaksanakan praktik lapangan dan semoga dapat menambah ilmu dan pengalamannya mengenai perbenihan dan pembibitan,” kata Kepala Balai BP2TPTH, Ir. Suratmi, M.Si. dalam sambutannya. Sebagai bentuk terima kasih, BP2TPTH mendapatkan cenderamata dari mahasiswa IPB. Cenderamata tersebut diserahkan salah satu dosen pendamping kepada Kepala Balai. 

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 termin waktu. Kegiatan pertama dilaksanakan pada hari Jumat (4/5/2018) di ruang rapat BP2TPTH dengan materi pengenalan Profil BP2TPTH yang disampaikan oleh Bapak Andreas Terapi, S.Hut selaku Kapala Seksi Program dan Anggaran. 

Kepada mahasiswa diberikan 4 materi yang bersifat keilmuan mengenai perbenihan dan pembibitan oleh 4 orang peneliti, yaitu: Sumber Benih, Dokumentasi dan Sertifikasi Benih Tanaman Hutan, dan Sertifikasi dan Dokumentasi Benih Tanaman Hutan, oleh Dr. Dede Jajat Sudrajat, S.Hut, M.T.; Pengenalan Benih Tanaman Hutan, oleh Dr.Ir. Yulianti Bramasto, M.Si; Penanganan Benih Tanaman Hutan, oleh Ir. Nurhasybi, M.Sc; Teknik Pembibitan Tanaman Kehutanan, dan Teknik  Perbanyakan Tanaman Hutan Secara Vegetatif, oleh Ir. Danu, M.Si. 

Kegiatan lanjutan, pemberian materi sekaligus praktik dilaksanakan Jumat (11/5/2018) di Labolatorium BP2TPTH dengan pendampingan penuh dari para teknisi dan peneliti. Kegiatan di laboratorium ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa memahami tahap-tahap pengambilan/pengujian benih yang baik dan benar. Tahapan yang harus dilakukan adalah ekstrasi benih, pengenalan benih dan penyimpanan, pengambilan contoh benih, pengujian mutu benih (KA, Kemurnian, 1000 butir) dan uji daya berkecambah. 

Setelah mendapat materi teori dan praktik laboratorium pada pertemuan sebelumnya, di pertemuan terakhir, Jumat (18/5/2018) mahasiswa praktik lapangan di Stasiun Penelitian Nagrak. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mempraktikkan secara langsung, bagaimana cara melakukan setek dan kebun pangkas, serta pencangkokan dan okulasi. Walaupun praktik lapangan dilakukan pada bulan Ramadhan, mahasiswa tetap semangat melaksanakan kegiatan. 

Sebagai penutup rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam tiga minggu ini, Bapak Rudy Suryadi, S.Hut selaku Kepala Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian BP2TPTH mendoakan agar rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa Diploma IPB.***YN & Dsm