KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 02:52 pm, 05. June 2018 - 154 klik

Kembangkan Agroforestri di Tingkat Tapak, BP2TA Ciamis Diseminasikan Hasil Litbang Bagi KPHP Melalui Bimtek

BP2TA (Ciamis, 31/5/2018)_Sebagai upaya mengembangkan agroforestri di tingkat tapak, Balai Litbang Teknologi Agroforestry (BP2TA) Ciamis terus mendiseminasikan hasil penelitian dan pengembangannya. Diseminasi dilakukan, salah satunya melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Agroforestri di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Lingkup Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah XII Palu di Hotel Jazz, Palu.

BP2TA Ciamis menjadi salah satu instansi narasumber Bimtek Agroforestri yang dilaksanakan pada 7-9 Mei 2018 ini, selain Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako, BPDAS-HL Palu-Poso, dan Subdit Pemanfaatan Hutan Direktorat KPHP. Dari BPPTA Ciamis hadir Kepala BPPTA, Bagus Novianto, S.Hut., M.P dan dua orang penelitinya yaitu Aditya Hani, S.Hut. MSc. dan Dr. Sanudin, S.Hut. M.Si.

Kegiatan ini dihadiri oleh 48 orang peserta dari 12 KPHP di 3 Provinsi, yaitu 3 KPHP dari Gorontalo, 1 KPHP dari Sulawesi Utara, dan 8 KPHP dari Sulawesi Tengah. Masing-masing KPHP mengirimkan 4 orang perwakilan yang terdiri dari 1 orang pendamping dari KPHP dan 3 orang dari Kelompok Tani Hutan (KTH).

Kepala BP2TA, Bagus memaparkan materi berjudul “Konsep dan Aspek Teknologi Agroforestri untuk Mendukung Pengelolaan Sumber Daya Alam”. Beberapa materi yang disampaikan yaitu profil sejarah dan tupoksi BPPTA; Peran BP2TA dalam pengembangan teknologi agroforestry; Topik-topik penelitian prioritas; IPTEK dasar hasil penelitian agroforestry; dan Hasil-hasil Litbang BP2TA tahun 2015 – 2018 terkait KPH seperti kegiatan peningkatan produktivitas lahan dengan pola agroforestri berbasis kayu energi di KPHP Batulanteh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, penerapan model agroforestri tanaman hutan penghasil sumber pangan (umbi-umbian) dalam mendukung program ketahanan pangan lokal di Garut, Jawa Barat dan KPHP Yogyakarta, dan adopsi penerapan model agroforestri bambu dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan oleh BPDAS-HL Citanduy, Jawa Barat.

Topik terkait Silvikultur Agroforestri disampaikan oleh Aditya Hani S. Hut., M.Sc, peneliti silvikulutur BP2TA Ciamis. “Silvikultur agroforestri berkaitan dengan pemilihan jenis tanaman, pengaturan ruang tumbuh, dan pemeliharaan,” kata Aditya dalam paparannya.

 

Menurut Aditya, beberapa upaya peningkatan produktivitas agroforestri yaitu: berbasis pada komoditas yang ditanam di bawah tegakan kanopi yang beragam; Rehabilitasi lahan pertanian sebagai bagian dari menjaga hutan yang tersisa melalui penerapan pertanian organik; Memaksimalkan penggunaan yang bijaksana dari pengendalian secara biologi, pengendalian hama penyakit terpadu; dan sistem pengelolaan biaya rendah.

 

Kepada para peserta, Aditya juga berbagi pengalaman litbang silvikultur agroforestri yang dilakukan BP2TA Ciamis, seperti kombinasi sengon dan cabai, manglid dengan berbagai jenis umbi-umbian, manglid dengan tanaman semusim (jagung dan kedelai), nyamplung dan tanaman semusim, dan agroforestri bambu.

Narasumber lainnya, Dr. Sanudin, S.Hut., M.Si, peneliti sosial ekonomi BP2TA Ciamis yang menyampaikan topik terkait sosial ekonomi dan kelembagaan agroforestri memaparkan beberapa hal. “Empat aspek dasar yang mempengaruhi petani menerapkan atau tidak menerapkan agroforestri yaitu kelayakan, keuntungan, dapat tidaknya diterima, dan keberlanjutan,” kata Sanudin.

Hal lain yang dikupas, yaitu kelembagaan, pasca panen dan pasar hasil agroforestri yang berkaitan dengan lembaga yang terlibat dalam pengelolaan agroforestri, pentingnya lembaga, pentingnya berkelompok, upaya yang dilakukan agar kelompok tani sukses, dan upaya pengolahan hasil agroforestri untuk meningkatkan nilai tambah.

Materi lain yang juga disampaikan yaitu terkait implementasi konsep D&D (Diagnosa dan Desain) dalam pembuatan demplot bambu, hasil penelitian yang berkaitan dengan skema HKm dan HTR dengan mengambil pelajaran dari Provinsi Lampung.  “Pemberdayaan masyarakat merupakan kunci utama agar skema Perhutanan Sosial bisa mencapai tujuannya yakni masyarakat sejahtera dan hutan lestari,” jelas Sanudin.

Bagi BP2TA Ciamis, kegiatan Bimtek Agroforestri ini bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan BP2TA Ciamis dan menyampaikan hasil-hasil litbangnya. Antusiasme peserta terlihat tidak hanya dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada tiga narasumber dari BP2TA pada saat sesi tanya jawab berlangsung, namun juga pada saat sesi rehat. Ternyata meskipun sebagai sudah menjadi praktik lama, ternyata ilmu dan teknologi agroforestri belum banyak diketahui oleh peserta Bimtek Agroforestri ini.

Berdasarkan evalusi terhadap pertanyaan peserta, terungkap bahwa hasil-hasil Litbang BP2TA Ciamis ada yang bisa diterapkan secara langsung di lapangan, yaitu di KPHP Lingkup BPHP Wilayah XII Palu ataupun dengan sedikit modifikasi karena perbedaan kondisi topografi dan sebagainya di tempat lain.

BPHP Wilayah XII Palu memberikan apresiasi terhadap partisipasi BP2TA Ciamis dalam kegiatan Bimtek Agroforestri ini. Sebagai tindak lanjut, BPHP Wilayah XII Palu akan melakukan studi banding ke BP2TA Ciamis dalam waktu dekat ini untuk penjajakan kemungkinkan kerjasama pengembangan agroforestri di KPHP lingkup BPHP Wilayah XII Palu. Selain itu, BPHP Wilayah IX Banjarbaru, salah satu peserta kegiatan bimtek, berencana akan mengadakan kegiatan yang sama dengan mengambil pelajaran/contoh dari BPHP Wilayah XII Palu.

Inisiasi dan upaya kecil dari BPPTA Ciamis terlibat dalam pengembangan agroforestri diharapkan bisa mengenalkan agrofrestri pada tingkat tapak sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera dan hutan lestari. Hal ini penting mengingat praktik agroforestri yaitu bertani di kawasan hutan yang selama ini dilakukan masyarakat di KPHP Lingkup Wilayah BPHP Wilayah XII Palu belum optimal. Diperlukan peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi KPHP dan Kelompok Tani Hutan (KTH) dalam pengembangan agroforestri.***Tim website