KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 10:02 am, 05. June 2018 - 51 klik

Balitek KSDA Samboja Tandatangani Kerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD)

Balitek KSDA (Samboja, 31/5/2018)_Disaksikan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK dan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Senin (21/5/2018) Balai Litbang Teknologi (Balitek) KSDA menandatangani kerjasama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD). Kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasama dalam penelitian dan peningkatan kapasitas SDM terkait kegiatan konservasi keanekaragaman hayati dan lingkungan.

Pada kesempatan ini, Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas mengatakan, kerjasama dengan YAD ini bukan kerjasama pertama yang dilakukan Balitek KSDA terkait kegiatan penelitian konservasi orangutan.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk bisa mendukung apa yang menjadi kegiatan upaya konservasi. Penelitian ini menjadi pelengkap dari kerjasama yang dilakukan oleh Balitek KSDA dalam penelitian orangutan setelah menggandeng TNC di KEE Wehea Kelay dan BKSDA – Jejak Pulang di KHDTK Samboja,” kata Gadang.

Kegiatan penelitian yang saat ini sedang dilakukan oleh tim peneliti Balitek KSDA dengan YAD ialah mengenai studi sanctuary orangutan di Kab. Penajam Paser utara, Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini adalah membuat model pembangunan sanctuary orangutan Kalimantan (area Pulau Benawa Besar Teluk Balikpapan, Pulau Kalawasan di Teluk Balikpapan, dan Hutan Arsari PT. ITCIKU.

Sejauh ini kegiatan yang sudah dilakukan adalah anveg di Pulau Benawa Besar, survei kehati dan kondisi fisik Pulau Kalawasan, survei kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar (desa Maridan, Telemow, Binuang, Pantai Lango, Mentawir) dan FGD mengundang pakar orangutan, LSM, pemda Kab. Penajam Paser Utara, masyarakat dan tokoh masyarakat.

Terkait peningkatan kapasitas SDM, kegiatan yang dilakukan yaitu peningkatan kapasitas SDM kedua belah pihak dan masyarakat lokal terkait konservasi keanekaragaman hayati. Balitek KSDA menyediakan tenaga peneliti untuk mendukung kegiatan penelitian YAD. Pihak YAD membantu peningkatan kapasitas peneliti Balitek KSDA melalui pemberian beasiswa doktoral pada dua orang peneliti di IPB dan UNMUL.

Kepala BLI KLHK, Agus Justianto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan YAD bagi pengembangan kapasitas SDM peneliti Balitek KSDA. “Saya ucapkan terimakasih atas beasiswa yang telah diberikan kepada dua orang peneliti Balitek KSDA, semoga kerjasama terus berlanjut dan harapannya bantuan beasiswa bias diberikan kepada peneliti lainnya,“ kata Agus.***