KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 09:46 am, 15. May 2018 - 250 klik

Arsiparis Balitek DAS Raih Penghargaan “Arsiparis Teladan” KLHK Tahun 2018

Balitek DAS (Solo, 11/5/2018)_Setelah penelitinya berhasil meraih penghargaan “Penyaji Terbaik” kategori Seminar Nasional dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Riset Kebencanaan ke-5 beberapa waktu lalu, Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Balitek DAS) kembali dibuat bangga. Alfu Mahar Syarofi, arsiparis Balitek DAS berhasil meraih penghargaan sebagai arsiparis teladan lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Tahun 2018.

Penghargaan dan hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal, Samidi dan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha KLHK, Agung Widio Saptono pada acara Penutupan Pembinaan Pengelola Kearsipan dan Seleksi Pemilihan Arsiparis Teladan Tingkat KLHK di Hotel Arch Jl. Raya Padjajaran Bogor, Rabu (9/5). 

“Pemilihan arsiparis teladan di KLHK tahun 2018 dibagi menjadi dua kategori, yaitu tingkat keterampilan dan keahlian,” kata Rofi saat diwawancara melalui telepon setelah mendapat penghargaan, Rabu (9/5). 

Proses pemilihan arsiparis teladan untuk masing-masing kategori dibagi menjadi dua tahap dan berlangsung selama dua hari. Tahap pertama dilaksanakan melalui tes wawancara dan tes tertulis terkait bidang kearsipan, seperti peraturan perundang-undangan, pengetahuan umum, teknologi informasi, teknik pengelolaan kearsipan serta pengetahuan tentang jabatan fungsional arsiparis. Dari penilaian tahap pertama akan dipilih 5 peserta dengan nilai tertinggi pada setiap kategori untuk melanjutkan pada tahap kedua atau babak final pada hari kedua. 

Pada tahap kedua atau final, peserta yang dipilih melakukan presentasi yang menyajikan keunggulan masing-masing peserta dengan menawarkan teknologi dan inovasi dalam melaksanakan pekerjaan kearsipan yang menjadi tugasnya. Selain itu peserta juga menyampaikan hasil kerja yang dicapai maupun hambatan dan kendala yang dihadapi, serta cara penanganan masalah tersebut sehingga diharapkan dapat menjadi inovasi dan bermanfaat bagi unit kerjanya. Hasil pada babak final ini akan dipilih juara 1-3 untuk masing-masing kategori. 

Arsiparis Teladan Lingkup KLHK tahun 2018 untuk kategori tingkat keterampilan yaitu Alfu Mahar Syarofi, Arsiparis Penyelia Balitek DAS (Juara 1), Fatnarul Hanifah, Arsiparis Pelaksana Lanjutan Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tingkat Lingkungan (Juara 2), dan Yuhananto Dwi Nugroho, Arsiparis Penyelia Unit Pusat Kearsipan  Biro Umum  Sekjen KLHK (Juara 3). 

Sedangkan untuk kategori tingkat keahlian, Eko Wahyudi, Arsiparis muda dari Taman Nasional Karimunjawa Semarang (juara 1), Rina Cahyani, Arsiparis muda dari Unit Pusat Kearsipan Biro Umum Sekjen KLHK (juara 2), dan Astoto Nugroho, Arsiparis muda dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH). 

“Juara 1 dari masing-masing kategori akan maju mewakili KLHK untuk ikut serta dalam pemilihan Arsiparis Teladan Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diadakan oleh Arsip Nasional Republik  Indonesia,” tutup Rofi. 

Merasa bangga atas penghargaan ini, Kepala Balitek DAS Solo, Nur Sumedi menyampaikan selamat kepada Rofi dan berharap hal ini dapat ditiru dan menular kepada seluruh pegawai Balitek DAS. “Alhamdulilah, sekali lagi selamat Mas Rofi, semoga tambah sukses,” kata Sumedi dalam grup whatsapp Balitek DAS.***Tim DIK Balitek DAS 

 

Hubungi lebih lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959