KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 04:45 pm, 27. March 2018 - 142 klik

P3SEKPI Luncurkan SEKPI RePort (Research Portal)

P3SEKPI (Bogor, 26/03/2018)_Jumat (09/03/2018) pukul 09.00 WIB tercatat sebagai titik luncur SEKPI RePort, nama yang terlahir dari Pusat Litbang Sosial Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) Research Portal.

Dibalut dengan pertemuan bertajuk “Pengenalan dan Penggunaan Sistem Informasi P3SEKPI”, SEKPI RePort memperoleh atensi dan apresiasi sangat baik dari semua yang hadir, khususnya dari peneliti yang nantinya menjadi pengguna utama sistem tersebut.

Meski masih memerlukan penyempurnaan di sana-sini, SEKPI Report diamini sebagai lompatan ke depan dan menjadi wahana untuk menopang peningkatan kinerja institusi ke arah yang lebih optimal.

Dikembangkan dengan pondasi basis data, SEKPI RePort yang merupakan sistem informasi terintegrasi menjadi sarana untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyajikan data secara online yang dapat diakses oleh publik. SEKPI RePort mampu memotret “wajah scientific” Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dari berbagai sudut pengambilan.

Sudut “Peneliti” akan menyajikan kekuatan tempur P3SEKPI dengan peneliti sebagai aset utama. Sudut “Penelitian” akan membawa kita memandang cakrawala penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengarungi lanskap capaian hasil, sudut “Hasil Penelitian” menjadi pilihan. Ketiga sudut tersebut dilengkapi dengan adanya sudut “Kerjasama” yang dapat dimaknai sebagai kekuatan daya tawar P3SEKPI dalam bermitra untuk melakukan berbagai kajian, yang tentu saja di ranah ilmiah.

Pada akhirnya, SEKPI RePort akan memberikan pencerahan, “Oh, ini lah rupa P3SEKPI”. Berkunjunglah ke http://simlit.puspijak.org/ sejak sekarang. Agus Purwanto (085293395038) dan Faisal Fadjri (081318044422), duo “penjaga dapur”, siap menyajikan solusi untuk kesulitan yang mungkin timbul.***Hariono