KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 04:06 pm, 15. March 2018 - 303 klik

Laboratorium P3KLL, 'Jantung' Pengelolaan Lingkungan Hidup, Menteri Siti: Peralatan Perlu Ditingkatkan

P3KLL (Serpong, 14 Maret 2018)_“Saya sangat percaya laboratorium P3KLL sebagai andalan KLHK dan 'jantung'nya pengelolaan lingkungan hidup. Untuk itu, peralatan laboratorium yang ada perlu ditingkatkan dan diperbaharui,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya saat berkunjung ke Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) di Kawasan Puspiptek Serpong pada Rabu (14/03/2018). 

Menurut Menteri Siti, keberadaan litbang sangatlah penting dalam suatu birokrasi, apalagi setelah penyatuan lingkungan hidup dan kehutanan, lingkup pekerjaan semakin luas dan tantangan semakin banyak. 

“Kita dituntut untuk menghasilkan uji kualitas lingkungan seperti air, udara, tanah yang handal, sehingga diperlukan metode pengujian yang terbaru dan peralatan laboratorium yang keren (canggih),” kata Menteri Siti dalam sambutannya. 

“Dulu orang mengenal lingkungan hidup identik dengan pencemaran padahal lingkungan itu cakupannya sangat luas, sekarang konteksnya sudah landskap bukan hanya aspek teknis  tetapi dimensi politis yang luas,” tambahnya. 

Didampingi Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono, Kepala BLI, Agus Justianto dan Kepala BP2SDM, Helmi Basalamah, Menteri Siti tiba pukul 13.00 WIB di P3KLL. Kunjungan kerja usai memimpin acara Renungan Suci Rimbawan di Kampus Litbang, Bogor ini adalah kunjungan kali pertama Menteri Siti sejak menjabat sebagai Menteri LHK. 

Setiba di kantor Serpong, Kepala P3KLL, Herman Hermawan mengajak Menteri Siti mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di P3KLL, diantaranya Laboratorium Udara dan Emisi, serta Laboratorium Tanah dan Limbah Padat. Di tempat ini, Menteri Siti menyempatkan diri berdialog singkat dengan analis laboratorium. 

Menteri Siti juga memuji desain auditorium P3KLL dan mengusulkan kepada Sekjen KLHK untuk mengagendakan pertemuan KLHK di Serpong. Selain itu, Menteri Siti juga beramah-tamah dengan pegawai P3KLL dan Puslatmas PGL. 

Sebelumnya, dalam sambutannya, Kepala P3KLL menyampaikan bahwa kantor ini dulu bernama PUSARPEDAL yang didirikan tahun 1993 dan diresmikan oleh Emil Salim. “Sejak dikeluarkannya P.18 tahun 2015 maka kantor ini menjadi P3KLL dengan fungsi penelitian dan pengembangan,” kata Herman. 

Bagi Siti Nurbaya kawasan Puspiptek bukanlah tempat yang asing, karena dulu pernah datang untuk mengikuti tes riset unggulan sewaktu masih menjabat sebagai Kepala Bidang Litbang pada Bappeda Lampung. 

Kunjungan tersebut diakhiri dengan kata penyemangat dari Menteri LHK supaya seluruh pegawai P3KLL dan Puslatmas PGL terus berkarya untuk Negeri yang ditutup dengan foto bersama.***

Ikut Kami