KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 04:17 pm, 13. March 2018 - 152 klik

Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana Lakukan Koasistensi di Stasiun Penelitian BP2LHK Kupang

BP2LHK Kupang (Kupang, 12 Maret 2018)_Selama dua minggu ke depan, 12 sampai 23 Maret 2018, 15 orang mahasiswa Program Studi Profesi Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana (Undana) akan praktik kerja lapangan profesi (koasistensi) di Stasiun Penelitian Oilsonbai, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Kupang. 

Didampingi dosen pembimbingnya, drh. Cynthia D. Gaina, M.Trop.V.Sc, mereka akan mempelajari manajemen kesehatan dan perawatan Rusa Timor (Cervus timorenses). Selain itu, juga akan praktik manajemen perkandangan dan nutrisi Rusa. 

Tiba di kantor BP2LHK Kupang, Senin (12/03/2018), rombongan mahasiswa tersebut diterima secara langsung oleh Ir. Edy Sutrisno, M.Sc, Kepala BP2LHK Kupang. Dalam sambutannya, Kepala Balai memberikan gambaran umum tentang tugas pokok dan fungsi balai, serta program penelitian terkait satwa yang telah dilakukan, terutama penelitian tentang rusa. 

Lebih detail, Dr. Kayat, M.Sc, peneliti BP2LHK Kupang yang menangani penelitian rusa memberikan gambaran terkait status riset penelitian rusa. “Beberapa penelitian rusa yang telah dilakukan di BP2LHK Kupang meliputi penelitian tentang populasi rusa dalam kawasan, daya dukung pakan dan preferensi pakan dan model penangkaran rusa sistem terkurung yang dilakukan di Stasiun Penelitian Oilsonbai,” jelas Dr. Kayat. 

Pada kesempatan ini, drh. Cynthia selaku dosen pembimbing menyampaikan apresiasinya kepada jajaran BP2LHK Kupang yang telah memberikan kesempatan koasistensi kepada para mahasiswa Program Studi Profesi  Kedokteran Hewan Undana. 

Kepada mahasiswanya, Cynthia berpesan agar tidak hanya terfokus pada rusa selaku objek penelitian saja, tetapi perlu memperkaya wawasan dengan cara membaca jurnal-jurnal penelitian yang memuat hasil penelitian tentang rusa dan mendiskusikannya. 

Di akhir pertemuan, Kepala Balai mendorong para mahasiswa koas ini untuk mengeksplorasi lebih lanjut penelitian rusa untuk menemukan topik penelitian yang belum sempat diteliti. Kepala Balai juga mendorong para mahasiswa untuk mempergunakan sarana prasarana penelitian guna menunjang kegiatan koasistensi tersebut. Para mahasiswa juga didorong untuk mempublikasikan hasil kegiatannya pada Warta Cendana yang dikelola BP2LHK Kupang.***pinusa