KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Berita LHK
Posted by Rizda Hutagalung - 09:02 am, 09. March 2018 - 122 klik

Wujudkan Riau Bebas Asap, Manggala Agni Siap Kawal Asian Games 2018

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 8 Maret 2018.
Manggala Agni telah melakukan upaya pengendalian karhutla di Provinsi Riau sejak awal tahun 2018 dengan prioritas pada upaya pencegahan. Manggala Agni juga aktif tergabung dalam Satuan Tugas Darat Riau yang terlibat dalam upaya penanggulangan sebagian besar kejadian karhutla di Riau, seperti di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan, Siak, dan Indragiri Hilir. 
 
Berbagai upaya tersebut juga merupakan dukungan Manggala Agni terhadap kesuksesan penyelenggaraan Olahraga Internasional Asian Games di Palembang bulan Agustus 2018 mendatang.
 
“Manggala Agn i siap bekerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan Riau bebas asap di tahun 2018 dan suksesnya Asian Games,” tegas Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra, saat mengikuti Apel Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, (8/3/2018).
 
Kegiatan yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Riau di Halaman Kantor Gubernur Riau, dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, meruapakan bentuk kesiapsiagaan para pihak untuk menanggulangi karhutla di Provinsi Riau tahun 2018.
 
Apel Siaga ini diikuti oleh sekurangnya 750 peserta dari beberapa instansi terkait, diantaranya Manggala Agni Daops Pekanbaru, TNI AD, TNI AU, POLRI, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satpol PP, BASARNAS, TAGANA, Senkom Mitra POLRI, PMI, Resimen Mahasiswa, Pramuka, dan perusahaan swasta.
 
Khusus wilayah Riau, pantauan Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK pada Rabu (07/03/2018) pukul 20.00 WIB, berdasarkan satelit NOAA-19 dan TERRA AQUA NASSA Conf. level >80% tidak mendeteksi adanya hotspot. 
 
Kondisi ini tidak menyurutkan kesiapsiagaan Manggala Agni bersama dengan TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan tetap melakukan pengecekan lokasi yang sebelumnya terjadi karhutla, seperti yang dilakukan di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur dan juga di wilayah Dumai Motor, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Dari udara, tim BPBD juga melakukan pemantauan udara menggunakan helikopter pada wilayah-wilayah yang sempat mengalami kebakaran.
 
Berbagai upaya telah dilakukan KLHK – Manggala Agni bersama para pihak seperti TNI, POLRI, BPBD, MPA, dan masyarakat setempat, sehingga kejadian kebakaran yang terjadi dapat ditangani dengan baik.*
 
Sumber: http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1097