KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 26. February 2018 - 144 klik

Menteri LHK Mandatkan Empat Poin Penting untuk Tingkatkan Kinerja KLHK

Balitek DAS (Solo, 22/02/2018)_Kepala Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS) Solo, Dr. Nur Sumedi menyampaikan ada 4 poin penting yang dimandatkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), KLHK 2018 di Jakarta, Senin (19/02). Keempat point penting tersebut adalah konsep dasar kerja, administratif, efektivitas program kerja, dan aspiratif. 

“Keempat point penting seyogyanya dilakukan oleh seluruh jajaran di KLHK untuk meningkatkan kinerja demi mewujudkan keberhasilan program prioritas nasional yang berkaitan dengan KLHK,” kata Sumedi saat memberikan arahan dalam Rapat Sosialisasi Sistem Kinerja Pegawai (SKP) Tahun 2018 di Ruang Rapat Kantor Balitek DAS Solo, Rabu (21/02). 

“Diharapkan etos kerja jajaran KLHK harus benar-benar dirasakan masyarakat. Hal tersebut berarti bahwa negara hadir di tengah masyarakat,” tegas Sumedi mengutip arahan Bu Menteri LHK. 

Dalam poin pertama, konsep dasar. Diharapkan seluruh jajaran KLHK memahami konsep-konsep kerja. Hal ini berarti semua yang dilakukan harus sesuai aturan konstitusional sehingga bekerja secara jelas dan terarah, dan harus sesuai dasar-dasar keilmuan. 

“Hal itu tidak bisa ditawar karena KLHK sangat berbasis ilmu. Basis pengetahuan ini harus dipegang. Jangan dikarang-karang, karena tidak  ada kebenaran yang mendua, walapun pengetahuan  itu masih bisa berkembang. Tapi konstitusional dan pengetahuan itu harus menjadi pegangan kita,” kata Sumedi mengutip arahan Bu Menteri.
Pada point kedua yaitu administratif, Bu Menteri berharap jajarannya untuk sensitif dan empati terhadap segala persoalan yang terjadi di masyarakat, terutama persoalan yang berhubungan dengan KLHK. Sedangkan point ketiga, yaitu program dimana setiap program yang dijalankan seyogyanya bisa membantu menyelesaikan masalah kemiskinan, kesempatan kerja, ekspor, dan investasi. Semua itu dalam kerangka mewujudkan kelestarian di Indonesia. 

“Bu Menteri berharap kita dalam menjalankan program KLHK harus percaya diri demi menjaga negara, bangsa, dan alam serta isinya. Oleh karena itu, Beliau berharap kita dalam menyiapkan program tidak asal-asalan. Selain itu, kita harus satu vektor, bersama-sama dan satu arah,” kata Sumedi. 

Point yang terakhir adalah aspiratif. Bu Menteri berharap seluruh jajarannya di KLHK selalu mendengarkan aspirasi masyarakat, baik dari media sosial (medsos) maupun langsung. Selain itu, juga arahan-arahan dalam sidang ratas kabinet, arahan presiden, juga Raker dan Kuker DPR dan DPRD, serta pandangan para stake holders. 

“Semua pertanyaan yang ada, baik dari masyarakat maupun lainnya, tegasnya membutuhkan jawaban. Untuk meresponnya kita harus tahu apa yang kita kerjakan. Oleh karena itu, Bu Menteri berharap kita tidak boleh resisten terhadap pertanyaan-pertanyaan dari komunitas dan tidak geptek,” kata Sumedi saat mengakhiri arahannya.***

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (Balitek DAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959