KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 22. February 2018 - 279 klik

Anoa Breeding Centre Manado Raih Predikat Poster Terbaik dalam Ajang 4th NBISC di Tartu, Estonia

BP2LHK Manado (Tartu, Februari 2018)_Sebuah prestasi kembali diraih oleh tim peneliti Anoa dari BP2LHK Manado. Poster berjudul “The Lowland Anoa (Bubalus depressicornis) Breeding Management in Anoa Breeding Centre Manado, North Sulawesi, Indonesia” meraih penghargaan sebagai Poster terbaik dalam ajang 4th NBISC di Tartu, Estonia. NBISC (Nordic Baltic Indonesia Scholarship Conference) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia Kawasan Nordic- Baltik. 

“Kegiatan NBISC kali ini bertema teknologi, tetapi kami tidak menutup tema-tema lain yang menarik dan menjadi bidang penelitian peserta. Output yang kami harapkan dari kegiatan konferensi ini adalah agar terjalin networking dan kerjasama di masa yang akan datang oleh peneliti baik yang sesama  berasal dari indonesia maupun  dengan tim riset dan kolaborasi antar Negara,” kata Liem Radita, Ketua Panitia kegiatan 4th NBISC. 

Sebagaimana diketahui, sebagai spesies endangered yang perlu ditingkatkan populasinya, keberadaan Anoa perlu diperkenalkan kepada masyarakat luas termasuk para peneliti dan penggiat konservasi baik di dalam maupun luar negeri. Untuk itulah, BP2LHK Manado melalui konservasi Anoa Ex-situ “Anoa Breeding Centre (ABC) Manado” bertekad kuat memperkenalkan Anoa sebagai salah satu satwa endemik prioritas dimana salah satunya dengan mengikuti berbagai konferensi dan seminar baik di dalam maupun di luar negeri. 

Presentasi poster dilakukan selama 5 menit oleh peneliti BP2LHK Manado, Margaretta Chrisita, S.Hut yang saat ini sedang dalam tugas belajar S3 di University of Helsinki, Finlandia.  Pada presentasinya Christita menjelaskan keberhasilan manajemen pengelolaan/pembiakan Anoa dan konservasi ex-situ yang dilakukan di ABC Manado. Beberapa pertanyaan seputar proses kelahiran dan menajemen konservasi ex-situ diajukan peserta pada sesi tanya jawab. 

“Saya sangat senang kembali mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan kegiatan ABC BP2LHK Manado dalam hal konservasi Anoa kepada teman-teman di luar negeri. Saya juga berterimakasih kepada teman-teman ABC di Manado, dan BP2LHK Manado semuanya, karena kerjasama yang baik maka poster ini dapat saya presentasikan, serta support akomodasi dan transportasi oleh KBRI di Helsinki dan PPI Finlandia,” kata Christita yang mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Helsinki, Finlandia dan PPI Finlandia.  

Tahun 2018 kegiatan NBISC ke-4 diselenggarakan pada 17-18 Februari 2018 di Athena Keskus, University of Tartu, Estonia dengan mengusung tema "Building Collaboration Through Technology”.  Konferensi ini dihadiri oleh perwakilan pelajar internasional dan pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di negara Swedia, Finlandia, Estonia, Denmark, dan Norwegia.***MC