KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 12:00 am, 21. February 2018 - 162 klik

Kunjungi Demplot Peningkatan Produktifitas Hutan Tanaman Sagu, Komisi IV DPR RI Apresiasi Hasil Litbang

BP2LHK (Manokwari, Februari 2018)_Sebagai bagian dari kunjungan kerja di Papua Barat, rombongan anggota Komisi IV DPR RI mengunjungi demplot penelitian sagu Badan Litbang dan Inovasi (BLI) di Manokwari yang dikelola oleh Balai Litbang LHK (BP2LHK) Manokwari, Kamis (15/02). Setelah melihat langsung hasil penelitian, Komisi IV DPR RI menyampaikan apresiasinya. 

Menurut salah satu anggota dewan, keberadaan demplot ini sudah baik dan merupakan langkah awal untuk mempersiapkan pengembangan selanjutnya. Sebagaimana diketahui, sagu merupakan bahan makanan yang sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan di Papua dan Papua Barat. 

“Sudah ada banyak varietas sagu yang ditanam di demplot ini, namun masih dikhawatirkan ke depannya akan lebih jarang dan menuju kepunahan. Perlu ada lebih banyak penyediaan bibit-bibit sagu dan penanaman yang lebih luas lagi, supaya ada pengembangan baru terutama untuk persiapan mengganti bagi yang sudah produktif dan nanti dipanen,“ katanya. 

Pada acara tersebut juga dilakukan penanaman sagu secara simbolis oleh ketua dan wakil ketua komisi IV yang bertujuan untuk melestarikan tanaman sagu guna mendukung ketahanan pangan nasional. Dengan pelestarian sagu diharapkan bisa digunakan sumber pangan alternatif di samping beras .

Kepala BP2LHK Manokwari menyampaikan bahwa penelitian ini merupakan upaya penyediaan iptek hulu pembangunan hutan tanaman sagu. Sebagaimana diketahui, saat ini sangat bergantung pada sagu alam sehingga sagu akan bisa dikelola secara berkelanjutan terutama dari sisi produktifitas. 

Di sela-sela kunjungan kerja tersebut, anggota DPR RI juga berinteraksi dengan pengelola demplot sagu yaitu peneliti dan teknisi BP2LHK Manokwari dan masyarakat sekitar. Dalam dialog interaktif ini, anggota Komisi IV secara antusias menggali informasi tentang jenis sagu yang ditanam, produktifitas dan masa panen sagu serta iptek yang dihasilkan. 

Michael Watimena, Wakil Ketua Komisi IV menyampaikan agar distribusi pupuk yang diberikan kepada masyarakat bukan hanya untuk petani sawah saja, melainkan petani perkebunan juga membutuhkan karena sedikit susah untuk mendapatkan pupuk dimasyarakat. Ini menjadi catatan tersendiri bagi anggota dewan yang berkunjung. Ke depannya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dia akhir kegiatan tersebut, Michael Watimena menyerukan agar lahan sagu ini dijaga melestarikan tanaman sagu guna peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar. 

Menanggapi hal ini, koordinator penelitian sagu BP2LHK Manokwari menyampaikan bahwa masyarakat terlibat dalam penelitian peningkatan produktifitas sagu ini dan akan memperoleh manfaat langsung sagu hasil penelitian. 

Dijelaskan bahwa plot penelitian peningkatan produktifitas hutan tanaman sagu ini dibangun pada tahun 2009 seluas 5 ha di lahan masyarakat. Pembangunan plot ini menggunakan bibit sagu dari 5 kultivar. Hasil penelitian yang telah diperoleh sampai saat ini adalah teknik pemilihan bibit sagu, teknik pembibitan sagu, teknik pesemaian basah sagu, teknik penanaman dan pemeliharaan sagu serta tata niaga dan kelembagaan sagu. Pada tahun 2018 ini akan dilakukan pemanenan sagu sehingga iptek sagu menjadi komprehensif dengan ditambah teknik pemanenan dan produktifitas sagu. 

Kepala Distrik Masni yang hadir juga menyampaikan bahwa Distrik Masni pada awalnya merupakan daerah sagu namun sekarang sudah habis oleh karena itu beliau sangat menyambut baik plot penelitian sagu yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat. 

Kunjungan kerja anggota DPR RI ini merupakan kehormatan bagi BP2LHK Manokwari sebagai pengelola demplot penelitian sagu di Koyani. Kunjungan kerja ini adalah yang pertama kali selama pembangunan demplot sagu hingga mendekati masa panen. Kunjungan 16 anggota Komisi IV yang dipimpin Wakil Ketuanya, Dr. Michael Watimena ini disambut Kepala BLI, Sekretaris Badan, Kepala Balai, peneliti dan teknisi penelitian sagu, seluruh staf BP2LHK Manokwari, Kepala Distrik, masyarakat setempat dan para Kepala UPT KLHK di provinsi Papua Barat.***