KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 09:37 am, 08. February 2018 - 156 klik

Teh Irai, Hasil Riset Tumbuhan Obat B2P2EHD Terima Sertifikat Produksi Pangan–IRT

Samarinda (B2P2EHD, 06/02/2018)_Balai Besar Litbang Ekosistem Hutan Dipterokara (B2P2EHD) menerima Sertifikat Produksi Pangan - Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) atas Produk Teh Irai, hasil riset tumbuhan obat dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

Sertifikat tersebut diserahkan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer, Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr. Kusuma Wijayanti di sela–sela kegiatan rutin Prolanis, senam sehat dengan masyarakat dan anggota Prolanis, Minggu (14/01) di Halaman Kantor B2P2EHD.

Dengan dimilikinya Sertifikat dan nomor P-IRT produk teh irai hasil riset tumbuhan obat B2P2EHD, maka teh irai tersebut dapat diedarkan ke masyarakat luas dan umum. Teh irai ini juga berpotensi berkontribusi sebagai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Berkaitan dengan penyebarluasan produk tersebut, B2P2EHD akan berkoordinasi dengan Sekretariat BLI. Terkait dengan PNBP, B2P2EHD akan berkoordinasi dengan pihak terkait. 

Teh Irai adalah salah satu produk hasil riset dari tumbuhan obat yang dihasilkan oleh B2P2EHD yang merupakan salah satu inovasi B2P2EHD yang masuk dalam Buku 200 Inovasi Badan Litbang dan Inovasi tahun 2017.***