KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 01:08 pm, 30. January 2018 - 231 klik

Dukung Prioritas Nasional, Tahun 2018, BLI Lakukan Pengkajian dan Pengembangan Ekowisata Kawasan Hutan Aek Nauli

BLI (Bogor, 29/01/2018)_Pada tahun 2018 ini, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) memiliki satu kegiatan yang mendukung Prioritas Nasional (PN). Melalui kegiatan Pengkajian dan Pengembangan Ekowisata Kawasan Hutan Aek Nauli, BLI mendukung PN Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata, serta Program Prioritas (PP) Pengembangan 3 Kawasan Pariwisata.

Hal ini disampaikan Kepala BLI, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc, saat membuka acara Pembahasan Rencana Program BLI Tahun 2018, Senin (29/01) di Ruang Rapat Soediarto, Kampus Gunung Batu, Bogor.

“Kegiatan ini akan dilakukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kegiatan yang berlokasi di salah satu pintu masuk menuju kawasan wisata Danau Toba ini diharapkan dapat mendukung pengembangan destinasi wisata Danau Toba,” kata Agus di hadapan sekitar 100 peserta rapat yang hadir.

Sebagaimana diketahui, BLI bersama Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) telah membangun Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) dan telah diresmikan oleh Menteri LHK, Kamis (07/12/2017) yang lalu.

Dijelaskan bahwa pemerintah melalui Perpres No. 79 Tahun 2017 telah menetapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2018 dengan tema “Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan”. Prinsip dalam RKP 2018 adalah money follows program dengan menggunakan pendekatan Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (HITS). Pada RKP 2018 ini juga telah dilakukan penajaman terhadap Prioritas Nasional (PN) dan Program Prioritas (PP) dimana pada RKP 2017 berjumlah 23 PN dan 88 PP menjadi 10 PN dan 30 PP.

Oleh karena itu, RKP 2018 merupakan pedoman bagi Kementerian/Lembaga (K/L) dengan berbasis sinkronisasi perencanaan dan penganggaran pada saat menjabarkan PN ke dalam Rencana Kerja (Renja) K/L 2018 dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) K/L 2018 dengan prinsip money follows program.

Sejalan dengan amanat RKP 2018 tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung 9 PN dan 11 PP melalui 23 Proyek PN dan 71 Proyek Prioritas K/L di bidang Kehutanan dan Sumberdaya Air serta 4 PN dan 6 PP melalui 5 Proyek PN dan 20 Proyek Prioritas K/L di bidang Lingkungan Hidup. 

BLI memegang mandat dan mengemban tugas untuk melaksanakan salah satu program KLHK yaitu Program Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam kerangka tersebut, BLI telah menetapkan kegiatan penelitian dan pengembangan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

“Kegiatan penelitian dan pengembangan tersebut dikemas dalam koridor 15 Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif-Penelitian (RPPI Penelitian) dan 8 Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif-Pengembangan (RPPI Pengembangan),” kata Agus menjelaskan.

Untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian maka kegiatan-kegiatan tersebut telah melalui beberapa proses penilaian. Pada tahap awal Concept Note (CN) yang telah diusulkan oleh seluruh satker lingkup BLI adalah sebanyak 259 CN. CN yang lolos untuk tahap selanjutnya yaitu pembuatan proposal lengkap adalah 182 CN. Berdasarkan proses penilaian selanjutnya maka telah ditetapkan sebanyak 178 kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 dengan perincian sebanyak 113 merupakan kegiatan penelitian dan 65 kegiatan pengembangan.***RH