KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Ministry of Environment and Forestry Republic of Indonesia
www.menlhk.go.id

Fokus Litbang
Posted by Rizda Hutagalung - 11:06 am, 30. January 2018 - 398 klik

Sampaikan Visinya, Kepala BLI: BLI Harus Jadi Policy Think-Tank di KLHK

BLI (Bogor,  29/01/2018)_Saat membuka Pembahasan Rencana Program lingkup Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Tahun 2018, Senin (29/01), Kepala BLI menyampaikan visinya. Di hadapan jajarannya dan narasumber yang hadir dari Biro Perencanaan KLHK dan Bappenas, Kepala BLI (Kabadan), Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc menyatakan BLI harus jadi policy think-tank di KLHK.

“Visi yang saya usung menjadi visi BLI ke depan, yaitu kita Litbang dan Inovasi (BLI) harus menjadi policy think-tank (para pemikir yang bertugas untuk menyusun strategi, usulan kebijakan dan pertimbangan) bagi KLHK untuk menghasilkan kebijakan publik yang berkualitas melalui pengembangan scientific based,” kata Agus yang baru dilantik jadi Kepala BLI akhir tahun lalu, Rabu (29/11/2017).

Menurut Agus, output kebijakan BLI selama ini kurang dapat memberikan hasil yang memadai untuk jadi instrumen negara dalam hal kesejahteraan. Padahal saat ini, KLHK sedang menghadapi berbagai isu, baik lokal, nasional maupun global yang perlu diatasi.

Untuk itu, ke depan, dengan berbagai strategi, Agus mengatakan, akan bersama-sama merumuskan positioning institusi, strategi dan pembenahan manajemen. Dengan harapan, BLI mampu menawarkan strategi cerdas, inovatif dan aplikatif dalam menyelesaikan masalah.

“Ini memerlukan upaya kita bersama untuk memposisikan BLI sesuai mandat dan tupoksinya. Oleh karena itu, saya menchallenge (menantang) teman-teman semua untuk bisa memikirkan apa peran BLI dalam pengambilan kebijakan. Perlu kita sepakati bagaimana mengatur organisasi sehingga bisa mencapai tujuan bersama,” kata Agus.

“Saya ingin, kita membuat visi bersama untuk memetakan program dan kegiatan BLI, kita bisa rumuskan bersama. Ke depan, kita perlu sediakan waktu khusus untuk membahas itu,” kata Agus lagi kepada jajarannya, Kepala Pusat Litbang, Kepala Balai, Ketua dan Sekretaris Dewan Riset BLI, dan Pejabat Struktural lingkup BLI yang hadir.***RH