DAAI TV Jajaki Potensi Edutainment di BP2LHK Aek Nauli

Posted By Rizda 14 November 2017 - 04:42 am

Aek Nauli (Aek Nauli, 13/11/2017)_Kamis (09/11), tim DAAI TV berkunjung ke BP2LHK Aek Nauli untuk meliput konsep rencana pengelolaan KHDTK Aek Nauli dengan konsep edutainment. Edutainmet adalah suatu konsep wisata yang menggabungkan unsur entertinment dengan unsur edukasi atau pendidikan, yang sering juga disebut dengan wisata ilmiah.

DAAI TV menjajaki semua tema edutainment yang ditawarkan oleh BP2LHK Aek Nauli  yang telah digarap mulai sejak Mei 2017, mulai dari pemanenan dan budidaya lebah madu, wisata gajah jinak, budidaya dan penanaman pakan gajah, pengolahan pirdot dan taxus, pemanenan getah tusam, pemanenan kemenyan, pemanenan getah damar, tracking, pembibitan serta pengolahan coklat makademia sebagai oleh-oleh khas Danau Toba.

Proses shooting dan pengambilan bahan tayang dilakukan mulai dari tanggal 9 November sampai dengan 12 November 2017 dan akan dilanjutkan kembali pada tanggal 18 November 2017 di sekitaran Arboretum BP2LHK Aek Nauli. DAAI TV juga meliput kegiatan Upacara memperingati hari Pahlawan (10/11) yang dilakukan seluruh pegawai BP2LHK Aek Nauli yang disusul dengan kegiatan penanaman bibit Pohon Makadamia dalam rangka memperingati hari Penanaman Nasional.

Dalam sesi wawancara, Pratiara, S.Hut, M.Si selaku Kepala BP2LHK Aek Nauli mengemukakan potensi makadamia untuk melestarikan Danau Toba serta mendukung  kesejahteraan masyarakat sekitar, “makadamia untuk Danau Toba!” ucapnya.

Selanjutnya, Tim DAAI TV meliput salah satu tema edutainment unggulan KHDTK Aek Nauli yaitu budidaya dan pemanenan lebah madu. Teman-teman media diajak berinteraksi langsung dengan lebah madu untuk merasakan keseruan berwisata sambil belajar sesuai dengan konsep edutainment yang diusung oleh BP2LHK Aek Nauli, mulai dari pemindahan koloni dari glodokan ke dalam stup, proses pemanenan dan tidak ketinggalan sesi mencicip madu hasil panen.

Ada 2 jenis lebah yang diliput cara budidaya dan pemanenannya yaitu jenis apis cerana dan trigona, dan Aam Hasanuddin, S.Hut selaku ahli perlebahan dan penanggungjawab tema ini bertindak sebagai narasumber dan dibantu oleh 2 orang pemandu wisata edutainment.

Selanjutnya tim meliput poses pemanenan kemenyan yang dipandu oleh Cut Rizlani Kholibrina, S.Hut, M.Si  dan kawan-kawan  pada kesempatan ini juga disampaikan prestasi BP2LHK Aek Nauli yang berhasil menemukan bibit kemenyan unggul yang tingkat produksinya mencapai 2 kg getah per pohon per tahun dibandingkan dengan produksi pohon kemenyan yang ditanam masyarakat yaitu hanya 0,5 kg getah per pohon per tahun. Dan selanjutnya Tim DAAI TV meliput kegiatan pembibitan di Nursery BP2LHK Aek Nauli.

Kegiatan liputan keesokan harinya dimulai dengan kegiatan wisata edutainment pemanenan getah tusam dan damar yang dipandu oleh Dr. Aswandi, S.Hut, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pengolahan biji makadamia yang merupakan kacang termahal di dunia menjadi coklat makadamia yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ekslusif khas Danau Toba.

Sabtu, 12 November 2017, Tim DAAI TV  menyusuri jalur tracking menuju beberapa spot wisata di KHDTK Aek Nauli, seperti lokasi bakaran batu peninggalan Jepang,  Air Terjun dan Panorama Danau Toba di ketinggian 1400 mdpl.***Pratiwi

Write a comment

Komentar