Praktek IPA, SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru Kunjungi BP2LHK Banjarbaru

Posted By Rizda 13 November 2017 - 05:09 am

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 10/11/2017)_Dalam rangka mempraktekkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru berkunjung ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banjarbaru (BP2LHK) Banjarbaru, Kamis (09/11). 

“Selamat datang di BP2LHK Banjarbaru, Balai ini melaksanakan kegiatan penelitian terkait hutan dan tanamannya, nanti akan ada Bapak dan Ibu yang akan memandu anak-anak untuk belajar langsung di lapangan,” kata Winingtyas Wardani, S.Hut, MT, MSc, Kepala Seksi Program dan Anggaran dalam sambutannya mewakili Kepala BP2LHK Banjarbaru. 

Didampingi 6 orang bapak ibu guru, 49 orang siswa  kelas 2 mendapatkan materi terkait penanaman dan merawat pohon dari Safinah S. HakimS.Hut dan Susi Andriani S,Hut, MSc peneliti BP2LHK Banjarbaru. Sebelum ke lapangan anak-anak mendapatkan materi di Aula BP2LHK Banjarbaru. Mereka sangat antusias menjawab pertanyaan yang diajukan terkait pohon dan hutan, apalagi ada door prize yang didapatkan setelah mereka berhasil menyusun puzzle gambar hutan dan binatang liar. 

Selanjutnya anak-anak mendapatkan materi pengenalan persemaian dan penanaman, yang dibimbing langsung oleh Budi Hermawan, Teknisi Litkayasa BP2LHK Banjarbaru. Masing-masing anak menyemai benih yang sudah disiapkan di persemaian. 

Supaya anak-anak mengetahui cara menanam pohon, Budi mempraktekkan cara menanam pohon yang benar. Anak-anak antusias memperhatikan dan membantu menanam pohon secara berkelompok. Mereka terlihat sangat menikmati belajar langsung di alam. 

“Kami berterima kasih sudah diterima dengan sangat baik, kami berharap anak-anak dapat mempraktekkan pelajaran IPA di BP2LHK Banjarbaru,” kata Ustadzah Noor Hapipah, S.Pd, guru pendamping SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru. 

Lebih lanjut Ustadzah Noor menjelaskan bahwa kegiatan outing ini rutin dilakukan sesuai mata pelajaran yang harus dipraktekkan. “Misal kalau mata pelajaran ekonomi maka kami outing ke pasar. Nah karena sekarang harus praktek pelajaran IPA maka kami pilih outing di sini,” jelas Noor. 

Sebagai kenang-kenangan SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru memberikan cinderamata bertuliskan nama sekolahnya yang diserahkan oleh salah satu guru pendamping. Dari BP2LHK Banjarbaru juga memberikan kenang-kenangan yaitu bibit tanaman gaharu dan ulin. Harapannya bibit tersebut dapat ditanam di sekolah, sehingga anak-anak mengetahui dan mengenal tanaman  tersebut, khususnya ulin yang sudah semakin langka.***FZH

Write a comment

Komentar