Soft Launching Alat Identifikasi Kayu Otomatis

Posted By Rizda 25 October 2017 - 09:11 am

P3HH (Jakarta, 24/10/2017)_Bertempat di Ruang Rimbawan, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) bekerjasama dengan Multistakeholder Forest Patnership (MFP) dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) menggelar acara soft launching alat identifikasi kayu otomatis, Selasa (24/10). Alat ini diharapkan dapat mempermudah para praktisi di lapangan untuk mengidentifikasi jenis kayu dan meminimalisir kesalahan dalam menentukan jenis kayu. 

Alat identifikasi kayu otomatis berbasis computer vision ini merupakan hasil riset kerjasama tim peneliti Pusat Litbang Hasil Hutan, BLI - KLHK dengan Pusat Penelitian Informatika, LIPI dan mendapat pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melalui Program INSINAS 2017. 

“Teknologi ini telah ditunggu oleh para pihak di lapangan yang sering memerlukan informasi jenis kayu secara cepat dan tepat,” kata Kepala P3HH, Dr. Ir. Dwi Sudharto, M.Si pada sesi pengantar.

Lebih lanjut Dwi mengatakan selama ini identifikasi jenis kayu secara makro dan mikro memerlukan waktu yang relatif panjang karena harus mengamati puluhan karakteristik kayu dan hanya dapat dilakukan oleh para anatomis. 

“Namun dengan hadirnya alat ini cukup dalam hitungan detik maka informasi karakteristik kayu akan langsung diperoleh,” kata Dwi. 

Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan paten sistem identifikasi kayu otomatis tersebut.

“LIPI merupakan penghasil paten terbanyak se-ASEAN. Paten yang telah didaftarkan harus segera ditentukan standardnya lebih lanjut,” kata Nurul.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut, yaitu Dr. Ratih Damayanti, S.Hut, M.Si, peneliti Puslitbang Hasil Hutan dengan paparan ‘Koleksi Kayu Xylarium Bogoriense 1915 dan Identifikasi Kayu’; Dr. Esa Prakarsa, ST., MT dengan paparan ‘Pengembangan Alat Identifikasi Kayu Otomatis’; dan Ir. Oentarto Wibowo, MPA dengan paparan tentang ‘Peran Teknologi Identifikasi Kayu Dalam Mendukung Tugas dan Fungsi Bea dan Cukai’. 

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Henry Bastaman, MES. Soft launching ditandai dengan ujicoba alat identifikasi kayu otomatis oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi.

Dalam sambutannya, Menteri menyampaikan bahwa kunci penting dalam rantai pemanfaatan kayu adalah pengenalan jenis kayu. Hadirnya alat identifikasi jenis kayu otomatis berbasis computer vision ini merupakan suatu terobosan untuk menjawab kesulitan yang dihadapi oleh para petugas dalam mengindentifikasi kayu di lapangan.

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kemenristek Dikti, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Perdagangan, Dinas Kehutanan Provinsi, Unit Pelaksana Teknis lingkup KLHK, Asosiasi, Perusahaan pemegang ijin pengusahaan hutan alam dan hutan tanaman (IUPHHK-HA dan HT), Bea Cukai, dan Bareskrim POLRI.***TP

Write a comment

Komentar