Buku Inovasi BLI, Kisah Sukses Peneliti

Posted By Rizda 19 October 2017 - 12:00 am

FORDA (Serpong, 18/10/2017)_Buku inovasi Badan Litbang dan Inovasi (BLI) merupakan success story atau kisah sukses para peneliti. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si saat mendampingi tim penyusun Buku 200 Inovasi BLI dalam menggali informasi hasil penelitian yang ada di Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL), salah satu Puslitbang BLI.

“Buku inilah yang dibawa-bawa sebagai bukti hasil litbang kita,” kata Sylvana di hadapan peneliti dan teknisi P3KLL di kantor P3KLL Serpong, Banten, Rabu (18/10).

Menurut Sylvana, kisah sukses para peneliti BLI berupa inovasi hasil penelitian dan pengembangan jangan didiamkan, melainkan harus diekspose supaya inovasi tersebut diketahui oleh publik dan dapat digunakan.

Sebagaimana diketahui, Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian LHK telah menerbitkan Buku 100 Inovasi pada tahun 2015 dan Buku 150 Inovasi pada tahun 2016 lalu. Tahun ini, 2017, BLI akan kembali menerbitkan buku inovasi dengan target bertambahnya 50 inovasi dari buku sebelumnya, yaitu menjadi 200 inovasi.

Untuk itu, Sylvana mengajak para pihak, yaitu peneliti, teknisi dan manajemen lingkup BLI untuk bersinergi dan berkoordinasi dalam penyusunan buku tersebut.

“Adalah tugas kami para struktural membantu mempublikasikan success stories tersebut. Sedangkan bagaimana meningkatkan kualitas buku ini adalah tugas kita bersama. Kita berharap inovasi dapat ditampilkan dengan bahasa populer yang menarik,” kata Sylvana.

Pada kesempatan tersebut, ketua tim penyusun, Dr. Hendra Gunawan, Peneliti Utama dari Puslitbang Hutan menjelaskan apa dan bagaimana inovasi. Dimulai dari defenisi litbang, Hendra menjelaskan defenisi inovasi menurut para ahli, ciri-ciri dan klasifikasi inovasi serta contohnya.***RH

 

Download:

Buku 150 Inovasi BLI

Materi Penyusunan Buku 200 Inovasi BLI

Write a comment

Komentar