Revolusi Mental, Kunci Menjadi Aparatur Negara yang Kredibel dan Bermanfaat

Posted By Rizda 13 October 2017 - 12:00 am

BP2LHK Manado (Manado, 11/10/2017)_Revolusi Mental adalah kunci untuk menjadi seorang aparatur negara yang kredibel dan bermanfaat. Demikian disampaikan Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dr. Henry Bastaman, MES dalam paparannya kepada seluruh jajaran pegawai Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado pada kunjungan dan pembinaan di BP2LHK Manado (11/10).

Didampingi oleh Kepala Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH) KLHK, Ir. Dwi Sudharto, M.Si, Henry menyampaikan tiga nilai gerakan revolusi mental di KLHK yang harus manjadi pegangan untuk dijalankan.

“Ibu Menteri selalu mengingatkan kepada semua jajaran KLHK untuk memegang nilai gerakan revolusi mental yaitu integritas dalam bentuk tanggung jawab jujur dan iklas, Etos kerja dalam bentuk disiplin dan professional serta gotong royong dalam bentuk kerjasama,” kata Henry.

Henry juga menyampaikan tentang pentingnya peran masing-masing unsur dalam memajukan serta memberikan yang terbaik untuk negara dan institusi. ”Baik pimpinan tertinggi, pejabat struktural, para peneliti bahkan staf punya peran dalam memajukan institusi asalkan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing,” kata Henry.

Pada kesempatan yang sama Kepala P3HH, Ir. Dwi Sudharto, M.Si ikut memotivasi seluruh pegawai BP2LHK Manado untuk selalu memajukan institusi dengan bekerja dan beribadah. Dwi juga mengajak segenap peneliti BP2LHK Manado untuk terus berkreasi tanpa menganggap kendala sebagai kendala, malainkan menjadikannya sebagai tantangan.

”Saya sangat beruntung bekerja di BLI ini karena bisa bekerja sekaligus beramal karena hasil penelitian kalau dimanfaatkan dengan baik di masyarakat akan menambah pahala kita”, tambah Dwi.

Dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja dan pembinaan kepada pegawai lingkup BP2LHK Manado juga dilakukan paparan dan presentasi tentang profil kegiatan dan SDM BP2LHK Manado oleh Kepala BP2LHK Manado Ir. Dodi Garnadi, M.Si.

Pada kunjungannya Kabadan serta Kepala P3HH juga berkesempatan mencicipi produk olahan buah pakoba berkhasiat obat berupa sirup dan manisan pakoba, memantau perkembangan anoa di Anoa Breeding Centre (ABC) Manado yang sekarang berjumlah 8 ekor, serta mengunjungi Arborertum BP2LHK Manado yang sudah menerapkan Sistem Informasi Arboretum dengan Teknologi QR-code.***MF

 

Artikel terkait :

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

Write a comment

Komentar