Wakili KLHK di Puspiptek Innovation Festival 2017, P3KLL Diseminasikan Hasil Penelitian dan Inovasinya

Posted By Rizda 12 October 2017 - 10:46 am

P3KLL (Serpong, 06/10/2017)_Mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pusat Litbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) berpartisipasi dalam Puspiptek Innovation Festival 2017. Pada acara yang digelar selama 4 hari, 29 September s.d 2 Oktober 2017 tersebut, P3KLL mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan inovasinya.

Pada kesempatan tersebut, P3KLL men-demo-kan kemampuan peralatan laboratorium lingkungan diantaranya peralatan lab. kebisingan, tanah & limbah padat; peralatan lab. air, serta lab. biologi. Selain itu P3KLL juga mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan inovasinya. Materi publikasi berupa jurnal ilmiah, majalah populer dan bahan publikasi lainnya diberikan kepada pengunjung booth KLHK, seperti siswa-siswi dan masyarakat umum.

PIF 2017 merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Puspiptek sejak 2015. Acara pembukaan PIF 2017 dihadiri Menteri Ristek-Dikti, Walikota Tangerang Selatan dan Kepala Puspiptek.

Dalam sambutannya,  Kepala Puspiptek, Sri Setiawati mengatakan Puspiptek Innovation Festival 2017 lebih difokuskan pada pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada seluruh  masyarakat Indonesia.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi anak-anak bangsa terhadap Iptek. Melalui festival ini pula, masyarakat akan menyadari bahwa sebenarnya Indonesia punya kawasan iptek yang besar, memiliki sumber daya dan sumber daya manusia yang besar,” kata Sri Setiawati.

Lebih lanjut Sri Setiawati mengatakan bahwa PIF akan menjadi agenda rutin tahunan. “Ini akan dijadikan event nasional, bahkan tahun depan, PIF akan berskala Asia Tenggara,” tambah Sri.

Agenda PIF 2017 diantaranya pameran hasil litbang teknologi, seminar dan produk inovasi yang berjalan, talkshow, demo alat lab., berbagai perlombaan dan banyak lainnya. PIF 2017 diperkirakan akan dikunjungi lebih dari 2000 pengunjung selama 3 hari pelaksanaan.

Acara yang diadakan di Gedung Graha Widiya Bhakti, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan ini merupakan bentuk kerjasama internal kawasan Puspiptek. Di kawasan Puspiptek terdapat beberapa satker diantaranya KLHK, BATAN, BPPT dan LIPI

Kegiatan PIF 2017 bertujuan untuk menjalin dan memperluas jejaring kerjasama internal kawasan, memperkuat konsolidasi internal kawasan, mempromosikan teknologi produk dan inovasi ke masyarakat umum. Acara ini sekaligus dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Puspiptek.***AdW

Write a comment

Komentar