Launching Buku "Generic Names of Plant Species Stored at Herbarium Wanariset"

Posted By Rizda 12 October 2017 - 09:50 am

Balitek KSDA (Samboja, 12/10/2017)_Masih dalam serangkaian kegiatan Press Tour Badan Litbang dan Inovasi (BLI) di Balitek KSDA Samboja, Kepala BLI Dr. Henry Bastaman, MES juga melakukan launching buku berjudul "Generic Names of Plant Species Stored at Herbarium Wanariset (WAN) East Kalimantan Indonesia", Kamis (05/10).

Buku ini diterbitkan atas kerjasama Balitek KSDA, Environmental Leadership & Training Initiative (ELTI) dan Hortus Botanicus Leiden. Buku ini disusun oleh Arbainsyah (taksonom ELTI), Zainal Arifin (pengenal jenis tumbuhan Balitek KSDA) & Paul J.A. Keßler (taksonom Universitas Kaiserslautern dan Universitas Hamburg).

Kepala Balitek KSDA, Ahmad Gadang Pamungkas, S.Hut, M.Si menjelaskan bahwa spesies tumbuhan yang ada di Herbarium Wanariset belum diperbarui sejak tahun 1999 dan jumlah spesies yang lebih dari 1.510 spesies telah ditambahkan ke dalam koleksi. Untuk itu ratusan nama telah diubah sehubungan dengan reklasifikasi yang dihasilkan dari analisis molekuler spesies tumbuhan tersebut.

“Nama generik spesies tumbuhan akan menjadi sumber berharga bagi ahli taksonomi. Hal ini untuk mengetahui spesimen apa yang disimpan di Herbarium,” kata Arbainsyah. Selain itu data dapat digunakan peneliti dan praktisi lapangan yang perlu mengidentifikasi spesies tanaman untuk proyek penelitian mereka.

Buku ini menampilkan Table: List of Localities and Number of Specimens Collected There, Names of Plant Species Stored at Herbarium Wanariset dan Index of Generic Names.

Tak lupa buku ini juga menampilkan line drawing dari maestro botanical line drawing kebanggaan Balitek KSDA, Priyono.

Publikasi ini merupakan simbol penting revitalisasi Herbarium. Herbarium, yang didirikan pada tahun 1989 sebagai bagian dari Proyek Kementerian Kehutanan-Tropenbos sampai saat ini tetap mendapat dukungan dari herbarium Hortus Botanicus Leiden.***ADS

Download Buku

Write a comment

Komentar