Hari Satwa Sedunia, Penelitian Orangutan Diangkat dalam Press Tour BLI

Posted By Rizda 09 October 2017 - 12:00 am

FORDA (Bogor, 06/10/2017)_Untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian melalui berbagai media, Badan Litbang dan Inovasi (BLI) kembali mengadakan Press Tour. Sehari setelah Hari Satwa Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Oktober, penelitian orangutan diangkat dalam Press Tour BLI yang dilaksanakan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Samboja, Kamis, 5 Oktober lalu.

Dalam sambutannya, Kepala BLI, Dr. Henry Bastaman mengatakan, inilah yang mendorong BLI semakin dekat dengan kalangan media. BLI harus bisa menyampaikan kegiatan dan hasil penelitian kepada publik dan dapat dipahami dengan mudah. 

“Ini adalah intinya, karena banyak sekali hal-hal yang dilakukan Litbang yang sebetulnya sangat dibutuhkan masyarakat. Ini adalah salah satu contoh, “orangutan” bukanlah kebetulan, konteksnya bertepatan dengan hari animal. Kita ada penelitian tentang orangutan, oleh karenanya kita angkat,” kata Henry.

Menurut Henry, saatnya kita harus merestorasi hutan, kita harus mengembalikan kualitas lingkungan yang salah satunya disebabkan oleh deforestasi. Kalau hutan sudah kembali sesuai harapan, berarti harus ada isinya.

“Satwanya harus dikembalikan. Habitat orangutan adalah salah satunya. Kalau mau balikin orangutan ke habitatnya tidak mudah, ada tekniknya, karena orangutan tidak bisa survive (bertahan hidup) kalau dirilis (dilepasliarkan) begitu saja, apalagi kalau sudah lama dipelihara manusia,” kata Henry.

Lebih lanjut Henry mengatakan, di sinilah peran litbang penting dalam bersinergi. Penelitian melakukan kegiatan meneliti, melihat bagaimana sifat-sifat orangutan sehingga bisa dilepasliarkan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. 

Selain itu, hasil dari penelitian ini nantinya akan menjadi bahan rekomendasi untuk Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam melakukan tugasnya di bidang konservasi.

“Ini satu contoh dari ribuan kegiatan Litbang,” tambah Henry di hadapan para undangan seperti BKSDA Prop. Kaltim dan Mrs. Signe dari Yayasan Jejak Pulang selaku mitra, serta POLRI.

Sebagaimana diketahui, Pusat Penelitian Orangutan merupakan pusat rehabilitasi dan reintroduksi yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Balai Litbang Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam Samboja bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur (BKSDA Kaltim) dan Yayasan Jejak Pulang membangun Pusat Penelitian Orangutan.

Terkait adanya kritik bahwa pemerintah tidak serius menangani orangutan, Kepala BLI berharap, media dapat menyampaikan apa dan sejauh mana yang sudah dilakukan pemerintah terkait orangutan kepada publik. Media diharapkan dapat memberitahu publik, bagaimana BLI bersama mitra bisa mengembalikan orangutan, satwa yang dilindungi ke alam, bahwa ternyata semua itu ada tahapannya. 

Dengan adanya press tour  ini, media dapat mempermudah memberikan pengetahuan ke masyarakat bahwa pemerintah telah bekerja dengan dasar-dasar kaidah-kaidah ilmiah yang ada. Kepala BLI ingin media menyiarkan apa adanya. 

“Semoga ini bisa memberikan informasi yang jelas kepada publik, bahwa betapa seriusnya kita sekarang,” kata Henry mengapresiasi media yang mengikuti kegiatan tersebut. 10 wartawan yang mengikuti press tour ketiga ini, yaitu Kompas, Media Indonesia, Republika dan Tempo dari media cetak; Net TV dan RCTI dari media elektronik; serta media online inilah.com.

Sebagai informasi, ini adalah press tour ketiga kali  yang dilakukan BLI. Press tour pertama ke Yogyakarta meninjau langsung hasil litbang Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH). Press tour kedua dilakukan ke Palembang. Di sana wartawan dari berbagai media diajak mengunjungi Demonstrasi Plot Restorasi Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran di OKI, Sumatera Selatan.***Penulis: RH & Kontributor materi: MSC

 

Berita Terkait:

Keberhasilan Restorasi Gambut di OKI - Sumsel, Wujud Implementasi Inovasi Litbang KLHK

Restorasi Berhasil, Gubernur Sumsel Berharap Sepucuk – OKI Bisa Jadi Pusat Riset Gambut

Selamatkan Orangutan, BLI dan Mitra Bangun Pusat Penelitian Orangutan di KHDTK Samboja

Press Tour, BLI Perkenalkan Pusat Penelitian Orangutan Samboja kepada Media

Melihat Hutan dengan Mata Orangutan, Tema Kegiatan Pusat Penelitian Orangutan Tahun 2017

Di Pusat Penelitian Orangutan, Proses Rehabilitasi Orangutan Meniru Perkembangan Alaminya

Orangutan sebagai Umbrella Species, Edukasi bagi Masyarakat

Benih Unggul Nyamplung, Solusi Krisis Energi Masa Depan

Benih Unggul Kayu Putih Hasil B2P2BPTH Yogyakarta Mulai Dikembangkan Skala Komersial

Press Tour BLI: Wahana Diseminasi Sekaligus Umpan Balik Hasil Penelitian

Press Tour Badan Litbang dan Inovasi - KLHK

Write a comment

Komentar