Media Sosial: Praktis, Efektif dan Efisien Sebarkan Hasil Litbang

Posted By Rizda 10 October 2017 - 12:00 am

BP2TPDAS (Solo, 06/10/2017)_Muhammad Rofiudin, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Jawa Tengah, narasumber acara Pembahasan Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Herper Hotel, Mangkubumi Yogyakarta, Selasa (26/09) menyatakan bahwa adanya internet menimbulkan beberapa media sosial yang efisien dan efektif dalam menyebarkan informasi. 

Menurut Rofiudin, salah satu media yang populer saat ini adalah media sosial (medsos) baik berupa facebook, twitter, instagram, youtube, maupun whatapps. Media tersebut dipilih karena biaya terjangkau, jumlah dan karakteristik pengguna (terhubung kapanpun dimanapun), dampak besar karena komunikasi horisontal. 

“Dampak internet menyebabkan kita saling berhubung. Dulu, kita hanya konsumsi informasi, sekarang menjadi produsen informasi. Kita bisa menyebarkan informasi layaknya jurnalis,” kata Rofiudin. 

Pada akhir sesi, Rofiudin menyarankan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendorong penyebaran informasi melalui medsos, terutama informasi terkait gerakan/aktivitas/kegiatan (pra acara, pas acara, serta pasca acara), capaian prestasi (individu/institusi), manajemen isu, serta klarifikasi. 

“Sebaiknya informasi publik yang disebarkan tersebut harus faktual, akurat dan aktual,” kata Rofiudin. 

Senada dengan itu, Dr. Nur Sumedi, Kepala Balai Litbang Teknologi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP2TPDAS) mengatakan adanya perkembangan internet telah melahirkan media sosial (medsos). 

“Media yang praktis, efisien dan efektif dalam menyebarkan berita atau informasi. Bahkan media ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi produk hasil litbang,” kata Nur Sumedi saat memberikan arahan pada rapat rutin bulanan yang dilaksanakan di Ruang Rapat BP2TPDAS Solo, Senin (02/10). 

Sebagai informasi, KLHK maupun Badan Litbang dan Inovasi KLHK khususnya sudah melakukan penyebaran informasi program, kegiatan dan hasil-hasil litbangnya melalui media sosial berupa fanspage facebook, twitter, instagram, google+, dll.***

 

Informasi Lebih Lanjut:

Balai Litbang Teknologi Pengelolaan DAS (BPPTPDAS)

Website : http://dassolo.litbang.menlhk.go.id atau  http://balitekdas.org

Jl. Jend. A. Yani Pabelan Kotak Pos 295, Surakarta 57012, Telp.  0271 - 716709, Fax.   0271 – 716959

Write a comment

Komentar