Orangutan sebagai Umbrella Species, Edukasi bagi Masyarakat

Posted By Rizda 04 October 2017 - 07:43 am

FORDA (03/10/2017)_Terkait edukasi, Pusat Penelitian Orangutan berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi orangutan Kalimantan. Salah satu hal yang akan ditekankan adalah peran orangutan sebagai umbrella species, yaitu perlindungan terhadap orangutan akan berdampak positif terhadap perlindungan flora dan fauna yang berada dalam habitat orangutan. 

Edukasi akan dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti kunjungan sekolah (school visit) dan pameran. Kepada masyarakat, perlu diberitahukan bahwa berdirinya Pusat Penelitian Orangutan tidak hanya bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi juga bagi masyarakat sekitar, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Keberadaan pusat penelitian dapat membuka kesempatan kerja baru bagi masyarakat sekitar seperti tenaga pengamanan, pengasuh orangutan, dan penyuplai pakan orangutan. Selain manfaat ekonomi, masyarakat juga dapat merasakan manfaat ekologis dari keberadaan Pusat Penelitian Orangutan, seperti tata air yang dapat terjaga.***

 

Artikel Terkait:

Selamatkan Orangutan, BLI dan Mitra Bangun Pusat Penelitian Orangutan di KHDTK Samboja

Melihat Hutan dengan Mata Orangutan, Tema Kegiatan Pusat Penelitian Orangutan Tahun 2017

Di Pusat Penelitian Orangutan, Proses Rehabilitasi Meniru Perkembangan Alaminya

Write a comment

Komentar