Perkuat Perencanaan Kegiatan Tahun 2018, Jajaran Litbang Integrasikan Para Pihak dalam Rakoren 2017

Posted By Ariani 19 September 2017 - 05:13 am

FORDA_(Bogor,18/09/2017)_Dalam rangka penguatan perencanaan kegiatan tahun anggaran 2018, Badan Litbang dan Inovasi integrasikan para pihak dalam Rapat Koordinasi Perencanaan (Rakoren) yang dilaksanakan di Hotel Safari Garden, Bogor pada tanggal 19-20 September 2017.

Rakoren dihadiri seluruh jajaran struktural Badan Litbang dan Inovasi, Ketua Dewan Riset, Ketua Kelti dan para peneliti. Turut hadir dalam Rakoren ini yaitu narasumber tamu perwakilan dari Direktorat Lingkungan Hidup, Bappenas yaitu Risnawati dan dari Biro Perencanaan, Setjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yaitu Ir. Thomas Tandi Bua A.N., M.Sc.

Rakoren tahun 2017 ini mengangkat tema “Meningkatkan Peran dan Kontribusi Badan Litbang dan Inovasi dalam Pencapaian Sasaran Program dan Kegiatan KLHK 2018”. Materi yang disampaikan antara lain “Identifikasi Potensi Implementasi Kegiatan Pengembangan dan Hasil Penelitian Sektor Kehutanan dalam RKP 2018” dan “Strategi Hilirasi Hasil Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Untuk Mendukung Program-Program KLHK”.

Rakoren 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Henry Bastaman, MES. Dalam sambutannya Henry Bastaman menyampaikan bahwa kita berkumpul di sini untuk merencanakan dengan sebaik-baiknya kegiatan tahun 2018. Kita harus lakukan review apa yang telah dilakukan sejak 2,5 tahun terakhir dan apa yang harus dikoreksi untuk meningkatkan capaian program.

Selain itu, Henry menuturkan bahwa di litbang ada empat unsur yang saling kait mengkait dan semuanya menjadi satu kesatuan siklus yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Ini yang membedakan BLI dengan Direktorat Jenderal lainnya karena di dalamnya ada unsur-unsur yang berbeda. Keempat unsur tersebut yaitu pertama sumber daya manusia, spesifik betul ada peneliti yang karakteristiknya berbeda dengan staf lain, yang kedua sarana prasarana yang khusus dibandingkan unit lainnya. Kita mampu mengelola laboratorium, berbagai sarana dan prasarana seperti KHDTK. Yang ketiga adalah mitra kerja, yang spesifik khusus konteksnya bermitra adalah memastikan hasil-hasil litbang dapat digunakan, dapat diaplikasikan pada mitra-mitra kita. Ini menjadi tantangan besar perjalanan Badan Litbang di berbagai Kementerian. Kalau kita dengarkan LIPI, Kemenristekdikti selalu mempunyai tantangan bagaimana aplikasi dari hasil-hasil penelitian. Yang terakhir sangat penting adalah wahana publikasi ada jurnal, prosiding, buku yang sangat terkait. Saya melihat keempat unsur ini harus berjalan seiring dan tidak bisa meniadakan diantara yang lain. Satu hal menurun kualitas maka akan mempengrauhi unsur yang lainnya.

Saya pelajari betul, dimana simpul utama yang harus bergerak agar BLI bisa berkpirah agar bisa menjadi satu lembaga yang bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk lembaga KLHK dan khususnya khalayak luas berbagai pihak. Empat simpul ini kita dalami betul bagaimana situasinya. Kita harus melihat empat-empatnya secara keseluruhan dan kita bisa pastikan bagaiamana lembaga ini menjadi penting. Bagaimana mengartikulasikan BLI pada K/L, yang betul-betul bisa menjawab kebijakan saat ini. Dirasakan betul mentransfer hasil litbang pada kebijakan sekarang ini seperti ada gap. Ada sesuatu yang harus kita lihat secara cermat.  Bagaimana kita menswitch berbagai kegiatan litbang untuk bisa memenuhi kebijakan yang dicanangkan saat ini. Ini saya kira penting karena evaluasi berlangsung terus. Kita harus betul-betul mengkritisasi apa yang telah dikerjakan dan di tahun 2018 ini kita tingkatkan output kinerja kita yang bisa betul-betul berkontribusi pada pencapaian program-program yang dicanangkan pemerintah saat ini”, terang henry di akhir-akhir sambutannya.***Ar

Materi Paparan Rakoren 2017 :
http://www.forda-mof.org/index.php/download/attach/Materi_Rakoren_-_Bapenas.pptx/7278
http://www.forda-mof.org/index.php/download/attach/Materi_Rakoren_-_Birocan.pdf/7281
http://www.forda-mof.org/index.php/download/attach/Materi_Rakoren_-_Dewan_Riset_Tematik.pptx/7282
http://www.forda-mof.org/index.php/download/attach/Materi_Rakoren_-_Dewan_Riset_Evaluasi.pdf/7283

http://www.forda-mof.org/index.php/download/attach/Materi_Rakoren_-_Jurnal_Sumatrana.pptx/7286

 

 

 

 

Write a comment

Komentar