Traditional Food and Scientech Festival di Taman Pintar, B2P2BPTH Yogyakarta Pamerkan Hasil Litbang

Posted By Rizda 13 September 2017 - 03:41 am

B2P2BPTH (Yogyakarta, 11/09/2017)_Bertema “Kiprah 50 tahun Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk Mendukung Pemanfaatan Bahan Alam yang Berdaya Saing”, LIPI mengadakan Traditional Food And Scientech Festival di Taman Pintar, Yogyakarta. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (B2P2BPTH) turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

B2P2BPTH, salah satu unit kerja Badan Litbang dan Inovasi, KLHK diundang oleh LIPI untuk mengisi salah satu stand pameran dan menampilkan hasil penelitian terkait PUI  Pemuliaan Tanaman Hutan Tropis.

Materi pameran berupa hasil litbang seperti Kayuputih, Jati Purwo, Sengon, Nyamplung, Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita dll. Pengunjung pameran dapat memperoleh informasi dari publikasi ilmiah cetak seperti Jurnal Pemuliaan Tanaman Hutan, Wana Benih, Informasi Teknis, leafleat, buku, serta banner. Selain itu juga ditampilkan contoh produk berupa benih unggul Acacia mangium, A. auriculiformis, Eucalyptus pellita dan minyak kayu putih.

Kegiatan pameran makanan tradisional dan teknologi ini merupakan salah satu rangkaian acara Bulan Teknologi LIPI 2017 sekaligus sebagai peringatan ulang tahun Emas LIPI yang ke-50. Kegiatan ini merupakan sarana LIPI untuk mensosialisasikan Bulan Teknologi agar mendapatkan animo yang lebih besar lagi dari masyarakat.

“Ketika diadakan di Gunung Kidul, masyarakat banyak yang tertarik, apalagi jika diadakan di tengah kota. Harapannya, keberadaan LIPI bisa lebih dirasakan oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya,” kata Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko di Hall Phytagoras Taman Pintar, Yogyakarta, Jumat (08/09).

Untuk itu, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI selaku penyelenggara menggandeng pemerintah daerah, pusat, instansi pemerintah terkait, kalangan akademisi, lembaga keuangan, industri kecil maupun menengah dan masyarakat luas.

“Hal ini dimaksudkan agar meningkatkan peluang terjadinya kerjasama, baik kerjasama penelitian dan pengembangan teknologi/ produk maupun implementasi hasil riset,” lanjut Handoko.

Sedangkan menurut H. Haryadi Suyuti selaku Walikota Yogyakarta bahwa acara ini selain bertepatan dengan ulang tahun LIPI juga bersamaan dengan ulang tahun Kota Yogyakarta yang ke 261.

“Pelaksanaan acara di Taman pintar ini adalah hal yang tepat karena taman pintar ini berisi sesuatu yang pintar-pintar dan membuat pintar,” kata Walikota sambil tersenyum saat sambutan pembukaan Acara yang berlangsung selama 3 hari ini.

Kegiatan pembukaan dirangkai dengan acara media briefing oleh kepala BPTA LIPI Hardi Julendra, M.Sc. dan Deputi IPT LIPI terkait dengan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Teknologi Pengemasan Makanan Tradisional dan launching katalog produk unggulan BPTBA LIPI.

Peserta kegiatan ini terdiri atas  pelaku UKM, Dosen, Peneliti dan para pemangku kebijakan di Lembaga Litbang, Perguruan Tinggi dan Dinas Pemerintah yang berperan dalam pembinaan UKM baik di daerah maupun pusat.***EDL

Write a comment

Komentar