Perkuat Tupoksi, Balitbangda Luwu Utara Audiensi ke BP2LHK Makassar

Posted By Rizda 12 September 2017 - 05:47 am

BP2LHK Makassar (Makassar, 07/09/2017)_Dalam rangka memperkuat pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, Kepala Balitbangda Pemda Kab. Luwu Utara, Ir. Bambang Irawan M.Si beserta 2 orang stafnya melakukan audiensi ke Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar pada Kamis (07/09). 

“Sumber Daya Manusia kami sangat terbatas karena fungsional peneliti belum ada sehingga dengan keterbatasan ini, kami memutuskan untuk menjajaki kerjasama dengan institusi penelitian untuk memperkuat pelaksanaan fungsi kami,” kata Bambang. 

Pertemuan ini diawali dengan paparan singkat Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Makassar Ir. Misto, MP yang menyampaikan beberapa hasil-hasil Iptek yang telah dihasilkan oleh BP2LHK Makassar antara lain: Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTMH), Alat Takar Hujan Sederhana (Athus), Alat Pengolah Sampah Rumah Tangga, Teknologi Pengolahan Aren, Alat Sensor Longsor, Biopot dan Isomik. 

Setelah mendengarkan paparan singkat tadi, Bambang mengatakan, ada beberapa hasil penelitian BP2LHK Makassar yang dapat dikerjasamakan dan diimplementasikan di Kab. Luwu Utara di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Microhydro (PLTMH), Alat Sensor Longsor, Aren dan Alat Pengolah Sampah. 

“Bentuk kerjasama ke depan mungkin bisa dengan sharing dana antara BP2LHK Makassar dan Balitbangda Lutra, apabila tidak memungkinkan kami memohon bantuan sumber daya manusia dari peneliti BP2LHK Makassar,” harap Bambang. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP2LHK Makassar Ir. Misto MP menyatakan siap memberikan bantuan sumber daya manusia dalam pengelolaan PLTMH di Kab. Luwu Utara. 

“Terkait dengan pembiayaan kami menyarankan untuk menjajaki kerjasama melalui dana CSR perusahaan yang ada di Kab. Luwu Utara atau bisa juga melalui BBKSDA Sul-Sel yang juga menyediakan anggaran pembangunan PLTMH,” kata Misto. 

Di akhir pertemuan, Kepala Balitbangda Pemda Kab. Luwu Utara sangat berharap, pertemuan ini bisa ditindaklanjuti dengan MoU kerjasama antara Pemda Kab. Luwu Utara dan BP2LHK Makassar. Dengan demikian, kerjasama yang terjalin dapat memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi Balitbangda Pemda Kab. Luwu Utara di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.***AS

Write a comment

Komentar