BP2LHK Banjarbaru Berpartisipasi dalam International Symposium on Natural Medicines 2017

Posted By Rizda 11 September 2017 - 03:59 am

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 08/09/2017)_Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru berpartisipasi dalam International Symposium on Natural Medicines (ISNM) 2017. Beny Rahmanto, S.Hut., Peneliti Pertama bidang perlindungan hutan pada BP2LHK Banjarbaru mempresentasikan makalahnya berjudul The Determination of Standardization Parameter of Agarwood (Aquilaria microcarpa Baill.) Leaf Ethanol Extract dalam kategori Poster Presentation.

“Tujuan dari penelitian kami adalah untuk  menentukan nilai parameter standarisasi spesifik dan non spesifik dari ekstrak daun Aquilaria microcarpa Baill,” ungkap Beny dalam presentasinya.

Menurut Beny, standarisasi ekstrak diperlukan dalam menjamin khasiat dari ekstrak daun Aquilaria microcarpa Baill. Selain itu standarisasi juga dapat menjadi indikator mutu dan keamanan produk bahan alam.

“Hal tersebut tidak terlepas dari pengendalian proses yang terstandar, sehingga dapat menjamin produk yang terstandar mutunya,” jelas Beny menjawab pertanyaan salah satu tim penilai.

Diinformasikan, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Tropical Biopharmaca Research Center IPB, Metabolomics Research Cluster IPB dan The Indonesian Association of Natural Drugs Researchers pada tanggal 24-25 Agustus 2017, di IPB Convention Center.

Seminar internasional bertema Sustainable Use of Natural Products for Human’s Health and Welfare ini menghadirkan 1 keynote speaker yaitu Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc dari Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi. Prof. Ocky memaparkan tentang bioprospeksi mikroba laut.

Beberapa invited speaker dari beberapa negara juga hadir pada acara tersebut, antara lain Prof. Tohru Mitsunaga (Gifu University Jepang) dengan mempresentasikan aromaterapi dari tanaman Cedar (Cryptomeria japonica) dan Dr. Warinthorn Chavasiri (Chulalongkon University Thailand) yang memaparkan tentang Kandungan bioaktif pada beberapa jenis tanaman dari Thailand.***

Write a comment

Komentar