Litbang KLHK Sharing Knowledge Hasil IPTEK kepada Delegasi Uzbekistan

Posted By Rizda 25 August 2017 - 03:51 am

BLI (Bogor, 24/08/2017)_Badan Litbang dan Inovasi (BLI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sharing knowledge hasil-hasil IPTEK dengan delegasi dari Uzbekistan, yang dipimpin oleh Deputy Prime Minister of Agriculture and Water Resource di Kampus BLI, Bogor, Kamis (24/08).

Dalam rangkaian kunjungan Delegasi Uzbekistan ke Indonesia pada tanggal 21-24 Agustus 2017, rombongan delegasi mengadakan pertemuan dengan berbagai mitranya di Indonesia terkait teknologi pertanian, perikanan darat dan kehutanan. Pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah dilaksanakan pada Senin, 21 Agustus 2017 yang diterima oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, didampingi jajaran Kementerian LHK.

Terkait sektor kehutanan, Delegasi Uzbekistan tertarik untuk memperoleh sharing knowledge dari Kementerian LHK tentang forest plantation, research and development, production and export of wood product.

Menindaklanjuti pertemuan dengan Siti Nurbaya, Delegasi Uzbekistan melakukan kunjungan lanjutan ke Kampus Badan Litbang dan Inovasi di Gunung Batu, Bogor, tanggal 23 Agustus 2017 untuk dialog tentang inisiasi kerjasama penelitian, capacity building, dan sharing knowledge hasil-hasil IPTEK dengan sejumlah peneliti. Rombongan delegasi diterima oleh Kepala BLI, Dr. Henry Bastaman, M.ES yang ditunjuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai focal point.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pertemuan high-level dan rombongan delegasi Uzbekistan dipimpin H.E. Mr. Zoyir Mirzaev, Deputy Prime Minister di Kampus BLI. Delegasi diterima oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Dr. Henry Bastaman, M.ES didampingi para peneliti.

Dalam pertemuan, kedua belah pihak melakukan dialog inisiasi kejasama penelitian dan sharing knowledge tentang jenis-jenis IPTEK dan inovasi yang telah dihasilkan oleh BLI serta menginisiasi topik-topik penelitian yang dibutuhkan oleh Pemerintah Uzbekistan dalam bidang kehutanan, dan pertemuan diakhiri dengan penanaman dan kunjungan ke beberapa laboratorium.

“Badan Litbang dan Inovasi telah menghasilkan IPTEK dan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat khususnya dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, diantaranya gaharu, bioethanol dari aren, sistem penghitungan karbon, benih unggul, dan teknologi pengolahan bambu,” ungkap Henry Bastaman.

Selain itu, Henry Bastaman menyampaikan bahwa pertemuan pada hari ini bukanlah akhir dari dialog, namun sebagai inisiasi yang luar biasa untuk kerjasama di masa yang akan datang.

Sementara itu, H.E. Mr. Zoyir Mirzaev menyampaikan bahwa delegasi dari Uzbekistan sangat tertarik untuk kerjasama dengan Indonesia. Timnya melaksanakan tugas untuk mencari potensi kerjasama dengan pihak Indonesia diantaranya terkait industri perikanan, peningkatan produktivitas pertanian, dan kerjasama bidang kehutanan.

“Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar telah memberikan dukungan kepada kami untuk kerjasama di bidang kehutanan,” kata Zoyir.

Tahun 2017 merupakan 25 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Uzbekistan, diharapkan dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan hubungan bilateral bidang kehutanan.***Ar

Write a comment

Komentar