Kunjungan Pendidikan SDN 017 Samboja di Balitek KSDA

Posted By Rizda 10 August 2017 - 06:36 am

Balitek KSDA (Samboja, 21/7/2017)_Siswa-siswi SDN 017 Samboja melakukan kunjungan pendidikan di Balitek KSDA Samboja, Jumat (20/7). Kunjungan pendidikan ini diikuti oleh 59 peserta yang terdiri dari 44 siswa kelas 6, 2 orang guru pendamping dan 13 orang mahasiswa KKN Universitas Mulawarman 43 Sei Merdeka.

Kunjungan kali ini diawali dengan sesi materi yang diadakan di Aula Balitek KSDA Samboja. Acara yang dimulai pukul 08.00 pagi ini diikuti oleh siswa-siswi yang sebagian besar belum pernah berwisata ke Rintis Wartono Kadri.

Materi yang disampaikan adalah Pengenalan Hutan oleh kak Ahdiat salah satu mahasiswa KKN Unmul. Menyusul materi kedua tentang Manfaat Hutan yang disampaikan oleh kak Sandi. Selain itu siswa-siswi diajak juga untuk melihat video tentang Dampak Penggundulan Hutan dan Manfaat Hutan.

Selanjutnya presentasi tentang Herbarium Wanariset disampaikan oleh Adit dan Dwi Wahyu Mentari. Dalam kesempatan ini dijelaskan mengenai sejarah Herbarium Wanariset, fungsi, koleksi dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh tim saat melakukan eksplorasi di lapangan.

"Sampel herbarium seperti ini adik-adik," kata Dwi. Terlihat anak-anak sangat antusias melihat sampel herbarium yang ditunjukkan Dwi. Sebagian besar siswa memang belum pernah melihat sampel herbarium secara langsung. Dwi selanjutnya menjelaskan lebih detail mengenai bagaimana cara membuat sampel herbarium tersebut mulai dari pengambilan tanaman sampai dengan penyimpanan.

Setelah sesi materi, siswa-siswi diajak untuk tracking di Rintis Wartono Kadri. Sebelum melakukan perjalanan siswa-siswi diberi arahan oleh Taufiqurrohman, S.Hut, MPA, Pengelola KHDTK Hutan Penelitian Samboja menegaskan bahwa selama di dalam track Wartono Kadri, siswa-siswi diharapkan menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah makanan yang mereka bawa.

"Silahkan semua siswa untuk bertanya pada kakak pemandu dari Balitek KSDA apabila ditengah jalan ingin menanyakan jenis-jenis pohon, jamur maupun satwa yang sekiranya nanti dijumpai," tambah Taufiq.

Salama perjalanan terlihat anak-anak asyik berinteraksi dengan pembimbing dari Balitek KSDA antara lain Mardi T. Rengku, Mira Kumala Ningsih, Taufiqurahman, Dwi Wahyu Mentari, Deny Adiputra dan Nanda Farha Nadia. Balitek KSDA dan Tim KKN Unmul berharap kegiatan ini dapat menggugah minat siswa-siwi Sekolah Dasar untuk mencintai hutan dan beraneka flora fauna di dalamnya.***ADS

Write a comment

Komentar