Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi, Pengelola Jurnal B2P2EHD Ikuti Pelatihan OJS di Balikpapan

Posted By Rizda 04 August 2017 - 09:27 am

B2P2EHD (Balikpapan,  04/07/2017)_Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa (JPED) yang diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Ekosistem Hutan Dipterokarpa (B2P2EHD) saat ini sedang dipersiapkan untuk diajukan dalam akreditasi nasional. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan mengikuti Pelatihan Penerapan dan Akreditasi Jurnal Elektronik yang diadakan oleh Universitas Balikpapan bekerjasama dengan Ristekdikti, Kamis (27/07) di Balikpapan.

Rektor Universitas Balikpapan, Dr. Piatur Pangaribuan, A.Md, S.H, M.H, C.L.A, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengelolaan jurnal ilmiah saat ini memerlukan sistem manajeman dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Selain itu harus mengacu pada kriteria yang telah disyaratkan oleh akreditasi jurnal nasional dan lembaga pengideks internasional.

“Yang lebih penting lagi adalah  bahwa artikel– artikel jurnal harus dipublikasikan secara daring (fulltext). Keharusan mengunggah secara online ini diharapkan agar masyarakat secara luas dapat memanfaatkan sumber-sumber informasi yang terdapat di dalam artikel Jurnal dan dapat meningkatkan webometrics suatu instansi,” kata Piatur yang juga membuka acara tersebut.

Sementara itu, Agus Subekti, yang membawakan materi tentang kebijakan penggunaan aplikasi jurnal elektronik mengatakan bahwa Sistem Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) merupakan salah satu alternatif akreditasi yang dibuat oleh Kemenristekdikti yang dapat dilihat di portal http://arjuna.ristekdikti.go.id.

Dalam presentasinya, Agus menjelaskan portal ini terdiri: Sistem pengajuan akreditasi terbitan berkala ilmiah secara dating; Sistem evaluasi diri akreditasi terbitan berkala secara daring; Sistem penilaian akreditasi terbitan berkala ilmiah secara daring; dan sebagai pusat database profil terbitan berkala ilmiah terakreditasi dan tidak terakreditasi.

“Sistem informasi ini dibuat agar tercipta sistem akreditasi jurnal ilmiah yang efisien, transparan dan efektif,” kata Agus yang juga merupakan perwakilan dari Ditjen Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemristekdikti dan Perguruan Tinggi.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari 25 jurnal yang ada di Kalimantan Timur. Dalam pelatihan ini para peserta diajarkan mengenai Pengenalan Sistem Akreditasi Arjuna dan Sistem Indeksasi dan Sitasi (Sinta), Verifikasi Evaluasi Diri di Arjuna dan Kelengkapannya, Gaya Selingkung Portal E-Journal, Setup Website E- Journal dan Kelengkapannya serta Upload dokumen review per artikel per reviewer.***ANA & MSC

Write a comment

Komentar