Tinjau Lokasi 3R, Kepala Pokja Bidang Penelitian Restorasi BRG Kunjungi KHDTK Tumbang Nusa

Posted By Rizda 14 July 2017 - 12:00 am

BP2LHK Banjarbaru (Banjarbaru, 13/07/2017)_Kepala Kelompok Kerja Bidang Penelitian Restorasi pada Deputi Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut (BRG), Ir. C. Nugroho Sulistyo Priyono, MSc mengunjungi Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa, Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Senin  (10/07). Kunjungan ini dilaksanakan untuk meninjau lokasi riset paludikultur dan pembangunan pilot project restorasi gambut yang didanai oleh BRG dalam rangka rewetting, revegetasi, dan revitalisasi (3R).

Selama kunjungan, Nugroho didampingi Ir. Tjuk Sasmito Hadi, M.Sc, Kepala Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Banjarbaru, Kepala Seksi Diseminasi dan Kerjasama dan beberapa peneliti gambut yaitu Dony Rachmanadi, S.Hut, M.Sc; Tri Wira Yuwati, S.Hut, MSc; dan Purwanto Budi Santosa, S.Hut, M.Sc.

Pada kunjungan ini, ada beberapa lokasi yang dikunjungi yaitu plot agroforestri jelutung milik masyarakat binaan BP2LHK Banjarbaru yang dekat dengan KHDTK Tumbang Nusa, lokasi restorasi Re-Peat. Selain itu, Nugroho juga menilik alat Sensory Data Transmission Service Assisted (SESAME) yang merupakan alat sensor tinggi muka air di lahan gambut yang berada di KHDTK Tumbang Nusa.

Selain kunjungan ke KHDTK Tumbang Nusa, Ir. C Nugroho Sulistyo Priyono, MSc juga melakukan diskusi terkait pelaksanaan proyek yang akan dilaksanakan ini. Kunjungan dan diskusi yang dilaksanakan selama sehari tersebut mendapatkan respon positif.

“Menurut saya, BP2LHK Banjarbaru memiliki proposal yang bagus dan sangat layak untuk didanai oleh BRG. Saya lihat kesiapan timnya juga bagus. Tak heran, tim BP2LHK Banjarbaru menjadi salah satu tim yang pendanaanya bisa segera direalisasikan,” kata Nugroho.

Sebagai informasi, tahun 2017 BP2LHK Banjarbaru mendapatkan dana dari BRG untuk melakukan riset paludikultur dan pembangunan pilot project restorasi gambut. Proyek ini dilaksanakan secara nasional yang melibatkan berbagai universitas negri dan lembaga penelitian di berbagai wilayah di Indonesia.

Di lingkup Badan Litbang dan Inovasi, UPT yang terlibat adalah BP2LHK Banjarbaru, BP2LHK Palembang, Balai Penelitian Teknologi Agroforestri Ciamis, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), serta Pusat Penelitian Hutan dan  Pusat Penelitian Hasil Hutan.***

 

Write a comment

Komentar