Insinyur Kehutanan Harus jadi Bagian Penting dalam Pembangunan dan Siap Hadapi Persaingan Global

Posted By Rizda 17 May 2017 - 04:08 pm

BP2LHK Manado (Manado, 12/05/2017)_Menindaklanjuti Penugasan Menteri LHK tentang pelaksanaan program pembinaan profesi insinyur, Badan Kejuruan Teknik Kehutanan-Persatuan Insinyur Indonesia (BKTHut-PII) mengadakan lokakarya Sertifikasi Insinyur Profesional di Provinsi Sulawesi Utara, Senin (08/05). 

Lokakarya sehari ini mendapatkan respon yang sangat positif dari Pegawai UPT lingkup Kementerian LHK Sulawesi Utara (Sulut), Dinas Kehutanan Sulut serta Pengajar dari Prodi Kehutanan Universitas Sam Ratulangi yang mengikuti kegiatan. Ir. Toni Hadi Widinanto, M.Sc selaku perwakilan dari Ketua BKHut-PII Pusat mengatakan bahwa lokakarya ini dilaksanakan di beberapa kota di Sulawesi diantaranya Manado, Palu dan Kendari setelah sebelumnya di Sumatera. 

“Sesuai arahan dari Ibu Menteri LHK bahwa sertifikasi keinsinyuran harus didapatkan sehingga Insinyur Kehutanan bisa menjadi bagian penting dalam pembangunan dan siap mengahadapi persaingan global baik MEA atau yang lainnya,” kata Widinanto dalam arahannya. 

Harapan senada juga disampaikan Sekretaris Dinas Kehutanan Sulawesi Utara Ir. James Hutagaol yang berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan suatu hal yang signifikan dari seorang Insinyur Profesional. 

“Dengan adanya Insinyur Kehutanan yang bersertifikasi diharapkan bisa menghasilkan inovasi tidak hanya untuk kehutanan Sulut pada khususnya, tetapi Indonesia pada umumnya,” kata Hutagaol. 

Dengan mengusung tema “Profesionalisme dan Jiwa Korsa Rimbawan Indonesia untuk Rakyat Makmur-Hutan Lestari”, di lokakarya ini disampaikan beberapa materi diantaranya Etika Profesi Insinyur, Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional (SSIP) oleh Ir. Achmadi Partowijoto, CAE, IPU selaku anggota majelis Kehormatan Etik PII serta Bimbingan Praktek Pengisian Form Aplikasi Insinyur Indonesia (FAIP) oleh Dr.Eng. Ir. Muhammad Rusman, ST, MT, IPM. 

Diakhir acara Ir. Toni Hadi Widinanto, M.Sc berharap agar setelah lokakarya ini pengurus BKTHUt-PII wilayah Sulawesi utara bisa segera terbentuk dan anggota BKTHUt-PII wilayah Sulawesi Utara bisa segara dikukuhkan. Acara lokakarya ini ditutup dengan pembacaan janji Insinyur Indonesia oleh Dr.Ir. Johny S. Tasirin, M.ScF dari Prodi Kehutanan yang diikuti oleh seluruh peserta lokakarya.***MF

 

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado

Jl. Raya Adipura Kel. Kima Atas, Kec. Mapanget, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Indonesia)

 

Email :

publikasi.bpkmdo@yahoo.com

bp2lhkmanado@gmail.com

bpk_mdo@forda-mof.org

Website :

www.manado.litbang.menlhk.go.id

www.balithut-manado.org

E-Jurnal :

http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/JWAS

 

Write a comment

Komentar